Kompas.com - 11/11/2017, 20:30 WIB
Ilustrasi menikah. SHUTTERSTOCKIlustrasi menikah.
EditorAprillia Ika

KOMPAS.com - Anda mau menikah dalam waktu dekat? Pasti menyenangkan rasanya ketika Anda akhirnya menemukan belahan jiwa yang Anda pilih untuk menghabiskan hidup bersama sampai tua.

Selain butuh persiapan batin dan finansial, memasuki gerbang pernikahan juga membutuhkan kesiapan fisik yang bagus. Terlebih bila Anda dan pasangan sama-sama berencana memiliki anak kelak.

Memeriksakan kesehatan sebelum menikah atau premarital medical checkup penting ditempuh salah satunya sebagai langkah antisipasi kelak ketika muncul masalah kesehatan.

Bukan menakut-nakuti, tapi di sekitar kita banyak pasangan yang akhirnya berkonflik bahkan bercerai ketika menghadapi masalah kesehatan yang memengaruhi tujuan bersama mereka. Seperti tujuan memiliki anak.

Baca juga : Wanita Mulai Tergoda Selingkuh Setelah Menikah 6 Tahun

Oh, ya, lakukan premarital medical checkup ini berdua, ya. Maksudnya, kedua belah pihak baik calon pengantin wanita atau calon pengantin pria sama-sama perlu menempuh premarital medical checkup ini.

Ada beberapa jenis medical checkup yang penting untuk Anda timbang sebelum memutuskan menikah, berikut ini di antaranya:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1.    Tes penyakit menular seksual

Tes ini penting ditempuh bila sebelum menikah, Anda atau pasangan sudah aktif secara seksual. Lakukan tes darah untuk mendeteksi berbagai jenis penyakit menular seksual seperti gonore, sifilis, bakteri vaginosis atau kutil. Bahkan HIV AIDS.

Dengan mendeteksi dini infeksi penyakit menular seksual, Anda bisa meminimalisasi persoalan di depan kelak. Selain itu, dengan keterbukaan, Anda bisa belajar saling jujur dengan pasangan Anda.

2.    Tes kesuburan

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.