Kompas.com - 13/11/2017, 10:01 WIB
Bersama Bursa Efek Indonesia (BEI), Kontan meluncurkan komik edukasi Yuk Nabung Saham di Paskal Shopping Mall, Minggu (12/11). Dari kiri: Cipta Wahyana, GM Business Kontan, Nicky Hogan, Direktur Pengembangan BEI, Tito Sulistio, Direktur Utama BEI, tim Duitto & Co., yaitu Lukas Setia Atmaja dan Thomdean. DOK KONTANBersama Bursa Efek Indonesia (BEI), Kontan meluncurkan komik edukasi Yuk Nabung Saham di Paskal Shopping Mall, Minggu (12/11). Dari kiri: Cipta Wahyana, GM Business Kontan, Nicky Hogan, Direktur Pengembangan BEI, Tito Sulistio, Direktur Utama BEI, tim Duitto & Co., yaitu Lukas Setia Atmaja dan Thomdean.
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Kontan bekerja sama dengan Bursa Efek Indonesia (BEI), meluncurkan komik edukasi saham Yuk Nabung Saham karya Lukas Setia Atmaja dan Thomdean di Paskal Shopping Mall, Bandung, Jawa Barat, Minggu (12/11/2017).

GM Business Kontan Cipta Wahyana menyebutkan, komik Yuk Nabung Saham merupakan salah satu upaya mengedukasi sebagaimana semangat Kontan yang bermisi "Berdayakan Ekonomi Indonesia".

"Semangat komik Yuk Nabung Saham adalah mengedukasi dan mengenalkan investasi saham kepada orang awam melalui media komik, sehingga sesuatu yang rumit lebih mudah dipahami dan dimengerti," sebutnya dalam rilis yang diterima Kompas.com, Senin (13/11/2017).

Komik Yuk Nabung Saham resmi meluncur bersamaan dengan pelaksanaan Indonesia Investment Festival (Investival) 2017 di 27 kota besar di Indonesia yang diselenggarakan oleh PT BEI, PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI), dan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) yang didukung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Secara konkret, Investival 2017 merupakan rangkaian kegiatan expo dan talkshow inspiratif yang dilaksanakan dalam Bulan Inklusi Keuangan.

Baca juga: Trump Desak Saudi Aramco Melantai di Bursa Saham AS

Sumber: IDX Website - http://yuknabungsaham.idx.co.idDok. Asosiasi FinTech Sumber: IDX Website - http://yuknabungsaham.idx.co.id
Kegiatan Investival yang dimulai sejak 9 Oktober sampai dengan 12 November 2017 itu menghimpun pengunjung 23.613 orang. Dari pengunjung yang hadir, sebanyak 3.711 orang membuka rekening efek baru dengan total transaksi sebesar Rp 3,143 miliar.

Tujuan komik ini tidak hanya mendidik, namun juga menghibur. Investasi saham bukan lagi terlihat momok menyeramkan atau jalan penuh lobang dan jebakan. "Lewat komik ini, Kontan dan BEI berharap, investasi saham bukan lagi dipandang sebagai judi alias berbagai macam asumsi yang sebenarnya keliru," sebutnya.

"Melalui komik, orang awam sekalipun bisa belajar bagaimana memulai berinvstasi lewat portofolio saham. Tentu saja, belajar dengan ilmu dan pengetahuan yang benar. Dalam hal ini, seseorang diajak ikut belajar bersama tokoh komik bernama Duitto," tambah dia.

Duitto yang bershio naga emas, adalah seorang investor muda yang kreatif, cerdas, dan berani mengambil risiko. Tokoh ini diciptakan sedemikian rupa sehingga mendekati seseorang dalam kehidupan sehari-hari.

"Bukan cuma agar lebih mudah diikuti, tapi juga bisa diterapkan dengan mudah. Anda bisa mengikuti isi konten komik Yuk Nabung Saham di Harian Kontan setiap hari Senin, Rabu, dan Jumat sejak 13 November 2017," sebutnya.

Kompas TV Lebih dari 600 ribu masyarakat telah menjadi investor di Bursa Efek Indonesia.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.