Jadi Bank Terbesar Kedua di Asia Tenggara, Apa Rahasia BCA?

Kompas.com - 13/11/2017, 15:21 WIB
Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk Jahja Setiaatmadja pada acara Penyerahan Donasi Bakti BCA untuk SPBK Perdami DKI Jakarta, Senin (13/11/2017). KOMPAS.com/SAKINA RAKHMA DIAH SETIAWANPresiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk Jahja Setiaatmadja pada acara Penyerahan Donasi Bakti BCA untuk SPBK Perdami DKI Jakarta, Senin (13/11/2017).
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Central Asia Tbk atau BCA merupakan bank terbesar kedua di Asia Tenggara dari sisi kapitalisasi pasar (market capitalisation). Data Forbes menunjukkan, kapitalisasi pasar BCA tercatat sebesar 32,1 miliar dollar AS.

Terkait dengan posisi tersebut, Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk Jahja Setiaatmadja mengungkapkan, pihaknya tidak memiliki ambisi untuk menjadi bank dengan kapitalisasi pasar terbesar. Posisi BCA berada di bawah DBS Bank dari Singapura.

"Kami tidak ada ambisi untuk menjadi bank dengan market capitalization terbesar," kata Jahja di Menara BCA, Jakarta, Senin (13/11/2017).

Jahja mengungkapkan, pihaknya tidak mengatur harga saham perseroan di pasar. Tugas BCA, imbuh dia, adalah menjalin hubungan baik dengan para investor.

Baca juga : Hadapi Digitalisasi, Ini yang Disiapkan BCA terhadap Karyawannya

Caranya adalah dengan menjelaskan berbagai strategi dan rencana bisnis perseroan dengan sebaik-baiknya. Apabila para investor menganggap strategi dan rencana bisnis perseroan bagus, maka mereka akan membeli saham dan harga saham BCA pada akhirnya menguat.

"Tidak ada effort untuk menjadi (bank) dengan market capitalization terbesar. Bukan itu target kami, bahwa hasilnya itu ya syukur alhamdulillah," ungkap Jahja.

Bank dengan kapitalisasi pasar terbesar di Asia Tenggara saat ini adalah DBS Bank yang mencapai 34,4 miliar dollar AS. Sementara itu, BCA berada di peringkat kedua dengan kapitalisasi pasar mencapai 32,1 miliar dollar AS.

Berada di bawah BCA adalah OCBC Bank dengan kapitalisasi pasar mencapai 28,8 miliar dollar AS. Selanjutnya adalah United Overseas Bank (UOB) dengan kapitalisasi pasar mencapai 25,6 miliar dollar AS.

Kompas TV Wakil Presiden Jusuf Kalla secara resmi melakukan pembukaan Indonesia Shari’a Economic Festival 2017 di Surabaya, Jawa Timur.

 



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X