BTN Uji Tuntas Akuisisi Danareksa Finance, BRI Rampungkan Pencaplokan BAV

Kompas.com - 14/11/2017, 07:03 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua bank pelat merah akan melakukan korporasi dengan mengakuisisi lembaga keuangan non-bank sesama BUMN.

Dalam aksi korporasi ini, PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) mengakuisisi PT Danareksa Finance dan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) mencaplok Bahana Artha Ventura (BAV).

Mengutip Kontan, Selasa (14/11/2017), proses akusisi PT Danareksa Finance oleh PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) masih terus berlanjut. Proses akuisisi ini diharapkan akan rampung di akhir tahun 2017.

Menurut Direktur BTN, Mahelan Prabantarikso, Saat ini proses akuisisi masih pada tahap uji tuntas (due dillengence). ”Kami berharap akhir tahun 2017 bisa diselesaikan,” ujar Mahelan kepada Kontan.co.id, Senin (13/11/2017).

Mahelan juga menjelaskan, targetnya BTN akan mengakuisisi kepemilikan Danareksa Finance hingga 80 persen. Adapun nilai investasinya juga masih dalam tahap negosiasi.

“Tujuan akuisisi adalah BTN ingin membiayai segmen yang non-bankable tapi feasible. Segmen ini cukup besar potensinya. Kami akan lakukan dengan pola Kolaborasi ABCG yaitu akademisi, business, community dan government,” jelas Mahelan lebih lanjut.

Nantinya anak perusahaan BTN akan tetsp bergerak pada bisnis sektor perumahan seperti induknya. Ke depannya BTN juga berencana untuk mengambil alih PT Danareksa Investment Management dan salah satu perusahaan asuransi. Namun dia tidak menjelaskan detail soal 2 perusahaan ini.

“Betul rencana dua perusahaan itu akan dilakukan pada 2018. Saat ini akan fokus dahulu pada proses Danareksa Finance,” tutup Mahelan.

BRI Caplok Bahana Ventura

Sementara itu, dalam waktu dekat ini BRI akan mengakuisisi 35 persen saham Bahana Artha Ventura (BAV).

Halaman:


Video Pilihan

Sumber

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.