Kompas.com - 14/11/2017, 11:39 WIB
Bill Gates membuat daftar 5 buku terbaik yang ia baca selama 2016. Bill GatesBill Gates membuat daftar 5 buku terbaik yang ia baca selama 2016.
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

WASHINGTON, KOMPAS.com - Sebuah kelompok yang terafiliasi dengan perusahaan investasi milik pendiri Microsoft Bill Gates telah berinvestasi sebesar 80 juta dollar AS.

Investasi ini digunakan untuk mengembangkan sebuah kawasan berteknologi tinggi di luar kota Phoenix, Arizona, AS.

Mengutip CNN Money, Selasa (14/11/17), sebuah kawasan di Belmont akan dirancang memiliki jaringan berkecepatan tinggi, kendaraan swakemudi, jaringan digital berkecepatan tinggi, pusat data, teknologi manufaktur baru, dan pusat logistik otomatis.

Namun demikian, belum jelas seberapa besar Gates akan terlibat dalam rencana ini.

Gates adalah pemilik perusahaan investasi Cascade Investment yang menanamkan modal pada rencana tersebut. Proyek ini akan dipimpin oleh grup investasi Belmont Partners.

Kawasan tersebut kabarnya akan serupa dengan kawasan di dekat Tempe, Arizona yang memiliki populasi 182.000 jiwa.

"Mewujudkan infrastruktur masa depan dari nol sangat jauh lebih mudah dan lebih hemat biaya ketimbang membentuk dari yang sudah ada," kata Grady Gammage juru bicara perusahaan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Arizona sendiri memiliki reputasi sebagai negara bagian yang ramah teknologi. Beberapa pemain besar dalam industri kendaraan swakemudi, seperti Waymo, Uber, dan Intel, melakukan uji coba atas inovasi mereka di negara bagian tersebut.

Tren pengembangan kota pintar telah meraih momentum sejalan dengan pergeseran fokus Silicon Valley ke inovasi transportasi seperti kendaraan swakemudi dan layanan berbagi kendaraan (ridesharing).

Menurut Gammage sendiri, pengembangan kota pintar ini merupakan investasi yang sangat lama dan penuh kesabaran.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.