Proyek Tol Serang-Panimbang, BNI dan Mandiri Kucurkan Rp 894 Miliar ke Wika

Kompas.com - 16/11/2017, 17:00 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Wika Serang Panimbang (WSP), anak usaha PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, menerima kredit sindikasi sebesar Rp 894 miliar dari PT Bank Negara Indonesia (BNI) dan PT Bank Mandiri (Persero) untuk membiayai proyek tol Serang-Panimbang.

Kredit sindikasi dari BNI dan Bank Mandiri itu sekaligus sebagai dana talangan yang akan segera digunakan oleh PT WSP untuk membayar pembebasan lahan dan tahap awal pembangunan fisik jalan tol tersebut.

"Kami melibatkan partisipasi BNI dan Bank Mandiri sebagai bank BUMN (Badan Usaha Milik Negara) besar yang telah memiliki kemampuan dan reputasi baik dalam menunjang program-program pemerintah," kata Direktur Utama PT WSP Entus Asnawi Mukshon saat acara penandatanganan perjanjian kredit sindikasi di kantor pusat Wika, Cawang, Jakarta Timur, Kamis (16/11/2017).

Entus menjelaskan, ada tiga poin yang diatur dalam perjanjian kredit sindikasi dengan BNI dan Bank Mandiri ini. Pertama, jangka waktu kreditnya ditetapkan selama dua tahun, terhitung sejak tanda tangan perjanjian kredit.

Baca juga: Jalan Tol Serang-Panimbang untuk Dorong Pariwisata dan Industri Banten

Kedua, kredit dana talangan tanah dalam perjanjian ini dijaminkan oleh PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero). Ketiga, pengembalian atas kredit dianggarkan oleh pemerintah melalui Badan Layanan Umum Lembaga Manajemen Aset Negara.

Proyek tol Serang-Panimbang merupakan satu dari sekian Proyek Strategis Nasional yang dilaksanakan dalam rangka menunjang sektor pariwisata dan industri yang ada di Provinsi Banten. Panjang ruas tol Serang-Panimbang ini sendiri mencapai 83,7 kilometer dengan luas lahan yang dibutuhkan sebesar kurang lebih 785 hektar.

PT WSP menargetkan proses pembebasan lahan untuk proyek tol ini rampung pada pertengahan tahun 2018, dan pembangunan jalan tol itu sendiri diharapkan selesai serta bisa dioperasikan pada November 2019 mendatang.

Kompas TV Pengelola jalan tol Cikopo-Palimanan pada 30 Oktober tengah malam kemarin menaikkan tarif tol.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.