Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jasa Marga Getol Cari Pendanaan untuk Bangun Ruas Tol Baru 600 Km

Kompas.com - 17/11/2017, 19:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk gencar mencari sumber pendanaan untuk membiayai pembangunan jalan tol baru sepanjang 600 kilometer dalam 3 tahun.

Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani mengungkapkan saat ini perseroan telah memiliki konsesi jalan tol sepanjang 1.200 kilometer. Dari jumlah itu, sudah 593 kilometer yang beroperasi.

"Itu kami bangun bertahun-tahun. Nah, separuhnya lagi harus selesai dalam 3 tahun ke depan. Kami harus kreatif mencari pendanaan. Rata-rata kebutuhan per tahun mencapai Rp 20 triliun selama 3 tahun ke depan," ujarnya Jumat (17/11/2017).

Salah satu yang akan dilakukan adalah melakukan sekuritisasi aset atau Kontrak Investasi Kolektif Beragun Aset (KIK EBA). Melalui cara ini, Jasa Marga akan mendapatkan pendanaan untuk membangun ruas-ruas jalan tol baru.

Baru-baru ini Jasa Marga melakukan sekuritisasi aset berbasis pendapatan di masa depan sebuah jalan tol yakni tol Jagorawi. Dari aksi korporasi ini, Jasa Marga berhasil mengantongi Rp 2 triliun.

KIK EBA tersebut mirip dengan instrumen obligasi korporasi. Namun emiten yang menerbitkan bukan berutang tapi mengagunkan pendapatan di masa depan dari aset yang dimiliki.

Ke depan Jasa Marga akan mencari ruas-ruas tol lainnya untuk disekuritisasi. Adapun ruas-ruas yang disekuritisasi tersebut adalah yang memiliki pendapatan stabil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com