Jasa Marga Getol Cari Pendanaan untuk Bangun Ruas Tol Baru 600 Km

Kompas.com - 17/11/2017, 19:09 WIB
Diskusi Forum merdeka Barat, Jumat (17/11/2017). KOMPAS.com/BAMBANG P. JATMIKODiskusi Forum merdeka Barat, Jumat (17/11/2017).
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk gencar mencari sumber pendanaan untuk membiayai pembangunan jalan tol baru sepanjang 600 kilometer dalam 3 tahun.

Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani mengungkapkan saat ini perseroan telah memiliki konsesi jalan tol sepanjang 1.200 kilometer. Dari jumlah itu, sudah 593 kilometer yang beroperasi.

"Itu kami bangun bertahun-tahun. Nah, separuhnya lagi harus selesai dalam 3 tahun ke depan. Kami harus kreatif mencari pendanaan. Rata-rata kebutuhan per tahun mencapai Rp 20 triliun selama 3 tahun ke depan," ujarnya Jumat (17/11/2017).

Salah satu yang akan dilakukan adalah melakukan sekuritisasi aset atau Kontrak Investasi Kolektif Beragun Aset (KIK EBA). Melalui cara ini, Jasa Marga akan mendapatkan pendanaan untuk membangun ruas-ruas jalan tol baru.

Baru-baru ini Jasa Marga melakukan sekuritisasi aset berbasis pendapatan di masa depan sebuah jalan tol yakni tol Jagorawi. Dari aksi korporasi ini, Jasa Marga berhasil mengantongi Rp 2 triliun.

KIK EBA tersebut mirip dengan instrumen obligasi korporasi. Namun emiten yang menerbitkan bukan berutang tapi mengagunkan pendapatan di masa depan dari aset yang dimiliki.

Ke depan Jasa Marga akan mencari ruas-ruas tol lainnya untuk disekuritisasi. Adapun ruas-ruas yang disekuritisasi tersebut adalah yang memiliki pendapatan stabil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.