Ada Gang "Honda Beat" di Makassar

Kompas.com - 19/11/2017, 06:42 WIB
Suasana lingkungan Kampung Berseri Astra (KBA) Rappocini, Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (18/11/2017). KOMPAS.com/SAKINA RAKHMA DIAH SETIAWANSuasana lingkungan Kampung Berseri Astra (KBA) Rappocini, Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (18/11/2017).
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

MAKASSAR, KOMPAS.com - Gang di sejumlah kota besar di Indonesia kadang identik dengan area yang sempit, pemukiman padat penduduk, hingga kumuh atau tak nyaman.

Akan tetapi, beberapa gang atau lorong di Makassar, jauh dari kesan kumuh. Lorong-lorong di kawasan Jalan Rappocini dihiasi aksesoris yang murah menarik. Jalan-jalan konblok di lorong tersebut pun dihiasi warna-warna yang tak kalah menarik.

Di perempatan dalam lorong dilengkapi papan penunjuk jalan untuk memudahkan warga. Lingkungannya bersih, asri, terawat, dan sehat, dengan warga yang ramah.

Nama-nama lorongnya tidak kalah unik. Ada lorong Honda Beat, lorong Serasi Autoraya, Astra Graphia, dan nama-nama tak umum lainnya yang lazim digunakan untuk penamaan jalan.

Sebanyak 29 lorong di kawasan Jalan Rappocini tersebut merupakan bagian dari Kampung Berseri Astra (KBA) yang dikembangkan oleh PT Astra International Tbk melalui program tanggung jawab sosial.

KBA Rappocini menaungi 2 rukun warga (RW) dan sekitar 2.000 kepala keluarga (KK) yang meliputi sekira 6.000 jiwa.

KBA pertama di Sulawesi Selatan tersebut mulai dikembangkan oleh Astra sejak akhir tahun 2015. Kini, Astra telah membina 67 KBA di 30 provinsi di seluruh Indonesia.

"Aktivitas di KBA menerapkan 4 pilar CSR Astra, yakni Astra untuk Indonesia Sehat, Astra untuk Indonesia Cerdas, Astra untuk Indonesia Hijau, dan Astra untuk Indonesia Kreatif," ujar Chief of Corporate Finance & Accounting Astra International Endro Wahyono di KBA Rappocini, Sabtu (18/11/2017).

KBA Rappocini pun turut mendukung program Pemerintah Kota Makassar, yang mendorong gerakan Lorong Sehat dan Lorong Hijau. Pasalnya, Makassar memiliki ribuan lorong yang dihuni para warganya.

Pada kesempatan yang sama, Suhardi selaku Koordinator Astra Group Makassar menyatakan, pihaknya tidak mengembangkan KBA Rappocini dari awal. Pengembangan lorong beserta kegiatan pemberdayaan masyarakat dimulai sendiri oleh warga.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X