Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Agung Meletus, AirNav Bilang Penerbangan ke Bali Masih Aman

Kompas.com - 22/11/2017, 07:00 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Letusan Gunung Agung di Karangasem, Bali, belum berdampak pada penerbangan domestik maupun internasional ke Pulau Dewata itu.

Saat ini AirNav, yakni penyelenggara layanan navigasi penerbangan di Indonesia, masih dalam posisi memantau perkembangan aktivitas letusan Gunung Agung. Belum ada tanda bahaya yang dikeluarkan.

"Saat ini kondisi belum berdampak pada penerbangan. Kami terus memantau perkembangan aktivitas Gunung Agung dan sudah menyiapkan skenario-skenarii bila aktivitas terus meningkat," terang Head of Corporate Communication AirNav, Yohanes Sirait saat dihubungi Kompas.com, Selasa (21/11/2017).

"Skenario tersebut sudah kami siapkan sejak beberapa bulan lalu saat Gunung Agung juga mengeluarkan letusan," imbuhnya.

Baca juga : Gunung Agung Meletus, Kemenhub Pastikan Penerbangan di Bali Masih Normal

Sebelumnya Gunung Agung yang terletak di Kabupaten Karangasem, Bali, dikabarkan meletus pada Selasa (21/11/2017). Letusan yang terjadi pada pukul 17.05 Wita ditandai dengan asap berwarna kelabu dan abu vulkanik tipis yang membumbung dari puncak kawah.

Status Gunung Agung masih berada pada level III (Siaga). Walau demikian, baik warga, wisatawan, maupun pendaki dilarang beraktivitas pada radius bahaya 6 kilometer dengan sektoral 7,5 kilometer.

Kompas TV Gunung Agung memuntahkan kepulan asap dengan ketinggian 700 meter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com