Gaji 6 Jenis Pekerjaan Ini Tertinggi di Indonesia

Kompas.com - 22/11/2017, 15:18 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah sektor pekerjaan dilaporkan memiliki gaji tertinggi di Indonesia pada tahun 2017. Hal ini berdasarkan survei yang dilakukan perusahaan rekrutmen profesional internasional Robert Wakters.

Survei tersebut bertajuk "Salary Survei 2018" yang dirilis hari ini, Rabu (22/11/2017). Dalam laporannya, Robert Walters melakukan survei terhadap beberapa sektor, antara lain perbankan dan keuangan, sumber daya manusia, teknologi informasi (TI), akuntansi, hukum, pemasaran, serta rantai pasok dan prokuremen.

Sektor pemasaran dilaporkan bergaji tertinggi dibandingkan sektor-sektor industri lain yang disurvei. Gaji untuk jabatan direktur pemasaran, misalnya, bisa mencapai Rp 1,5 miliar hingga lebih dari Rp 2 miliar dalam setahun.

Gaji tertinggi juga dilaporkan terjadi pada sektor akuntansi dan keuangan. Jabatan direktur keuangan diganjar rata-rata gaji tahunan sebesar Rp 1,6 miliar hingga Rp 2,5 miliar.

Kemudian, sektor hukum dengan jabatan direktur legal memperoleh gaji sekitar Rp 1,3 miliar hingga Rp 1,9 miliar dalam setahun. Adapun di sektor rantai pasok dan pengadaan, gaji tahunan untuk posisi Supply Chain Director berkisar antara Rp 1,6 miliar sampai Rp 2,4 miliar.

Di industri TI, gaji untuk posisi direktur teknologi mencapai kisaran Rp 850 juta hingga Rp 1,5 miliar per tahun. Pada industri perbankan dan keuangan, gaji untuk jabatan Cash Management Operation sebesar Rp 390 juta hingga Rp 650 juta per tahun.

Gaji untuk posisi Financial Control sebesar Rp 450 juta hingga Rp 780 juta pertahun. Gaji untuk posisi di bidang Investment Banking Rp 392 juta hingga Rp 735 juta per tahun.

Adapun pada sektor sumber daya manusia, gaji posisi HR Business Partner mendapatkan rata-rata Rp 520 juta hingga Rp 624 juta setahun. Untuk posisi HR Business Partner, gaji tahunannya mencapai Rp 455 juta hingga Rp 520 juta.

"Sektor perbankan dan keuangan, asuransi, manufaktur mengalami kinerja baik. Adapun ekspansi paling pesat terjadi di TI, konsumer, dan ritel daring," jelas Country Manager Robert Walters Indonesia Rob Bryson.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.