Gunung Agung Meletus, Luhut Tegaskan Pertemuan IMF-Bank Dunia Tetap di Bali

Kompas.com - 23/11/2017, 06:40 WIB
Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan seusai memberi keynote speech pada Seminar Sespimti Polri, di PTIK, Jakarta Selatan, Jumat (20/10/2017).Kompas.com/Kurnia Sari Aziza Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan seusai memberi keynote speech pada Seminar Sespimti Polri, di PTIK, Jakarta Selatan, Jumat (20/10/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan menegaskan, Pertemuan Tahunan Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia 2018 akan tetap dilaksanakan di Bali, menyusul terjadinya letusan Gunung Agung.

"Tetap (di Bali). Kita belum ada perubahan jadwal," ujarnya di Jakarta, Rabu (22/11/2017).

Menurut dia, situasi di Gunung Agung sudah semakin baik. Warga juga sudah banyak yang kembali ke rumah mereka masing-masing.

"Saya kira situasinya semakin baik. Kemarin karena hujan deras banyak kena ke lava, terus ada asap, kita pada ribut," kata Luhut yang merupakan ketua panitia penyelenggara pertemuan tersebut.

Baca juga: Luhut: Saya Hanya Jadi Koordinator Penyelenggaraan Pertemuan IMF-World Bank

Luhut mengatakan, warga diharapkan tetap waspada meski tak perlu takut berlebihan.

Pertemuan utama tahunan IMF dan Bank Dunia dijadwalkan berlangsung 12-14 Oktober 2018 namun akan didahului dengan sejumlah agenda lain seperti seminar dan pertemuan lain yang membahas perkembangan ekonomi dunia.

Selain dihadiri para menteri keuangan dan gubernur bank sentral dari 189 negara di dunia, pertemuan itu juga dihadiri para petinggi perusahaan dan pengusaha dan lembaga keuangan internasional.

Seperti diberitakan Gunung Agungyang terletak di Kabupaten Karangasem, Bali, meletus pada Selasa (21/11/2017). Letusan yang terjadi pada pukul 17.05 Wita ditandai dengan asap berwarna kelabu dan abu vulkanik tipis yang membumbung dari puncak kawah.

Kompas TV Arti Pertemuan Presiden Jokowi dan Presiden Bank Dunia



EditorErlangga Djumena

Close Ads X