Di China, Pesawat Boeing 747 Dilelang Secara "Online"

Kompas.com - 23/11/2017, 12:30 WIB
Dua unit pesawat Boeing 747 ini diincar oleh 26 penawar, dan telah dilihat lebih dari 800.000 pengunjung di situs lelang online China, Taobao. (BBC) Dua unit pesawat Boeing 747 ini diincar oleh 26 penawar, dan telah dilihat lebih dari 800.000 pengunjung di situs lelang online China, Taobao. (BBC)
|
EditorErlangga Djumena

HONGKONG, KOMPAS.com - Sebanyak tiga unit pesawat kargo Boeing 747 dijual pada pekan ini di China. Yang menarik, penjualan pesawat tersebut dilakukan secara daring melalui situs belanja terkemuka milik Alibaba, Taobao.

Mengutip CNN Money, Kamis (23/11/2017), raksasa logistik China SF Express membeli dua unit pesawat tersebut dengan harga 320 juta yuan atau 48,3 juta dollar AS. Sementara itu, kata juru bicara Alibaba, satu unit pesawat sisanya tak terjual melalui lelang daring lantaran hanya ada satu pembeli.

Sebanyak enam kali pelelangan secara offline untuk menjual pesawat tersebut selama dua tahun terakhir gagal menjaring pembeli. Namun, penjualan pesawat tersebut langsung terjadi setelah diunggah di Taobao awal pekan ini.

Penjualan tersebut dilakukan sejalan dengan langkah Boeing menghentikan produksi 747 karena lemahnya permintaan. Pesawat tersebut pernah menjadi pesawat penumpang terbesar di dunia.

Baca juga: Garuda Indonesia Pensiunkan Pesawat Boeing 747-400

Boeing telah menghentikan produksi 747 untuk pesawat penumpang. Akan tetapi, Boeing menyatakan akan terus memproduksi 747 untuk keperluan pesawat kargo dalam beberapa tahun ke depan.

Alibaba menyatakan, ketiga pesawat tersebut sebelumnya dimiliki oleh Jade Cargo International. Maskapai tersebut dinyatakan bangkrut pada tahun 2013 silam.

Ketiga pesawat itu ditempatkan pada seksi khusus di Taobao, di mana perusahaan-perusahaan yang bangkrut bisa melelang aset mereka. Pembeli potensial diminta menempatkan deposit sebesar 6,7 juta yuan atau 1 juta dollar AS agar bisa ikut lelang.

Ini adalah pertama kalinya pesawat sebesar Boeing 747 dilelang lewat Taobao. Pada tahun 13 lalu, Taobao mulai menjual pesawat kecil secara daring.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber CNNMoney
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X