Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bakal Ada Tol, BTN Resmikan Kantor Cabang Sukabumi

Kompas.com - 23/11/2017, 12:50 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk membuka kantor cabang di Sukabumi, Jawa Barat. Ini sejalan dengan rencana pemerintah yang bakal membangun ruas tol yang menghubungkan Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi).

"Kami meresmikan kantor cabang BTN Sukabumi sudah pasti berdasarkan banyak pertimbangan bisnis," kata Direktur BTN Nixon Napitupulu dalam pernyataan resmi, Kamis (23/11/2017).

Nixon menjelaskan, dulunya kantor cabang tersebut hanya berstatus kantor cabang pembantu. Rencana pembangunan ruas tol Bocimi tersebut menhadi salah satu pertimbangan dalam menaikkan status kantor cabang di Sukabumi.

Wilayah Sukabumi, imbuh dia, juga menunjukkan tren pertumbuhan ekonomi yang cukup maju. Industri daerah hasil karya masyarakat Sukabumi sudah menjadi ikon tersendiri dan berkembang sangat baik.

Baca juga: Pembangunan Bandara di Sukabumi Masih Terkendala lahan

"Industri ini mendorong ekonomi masyarakat berkembang dan mencoba untuk memenuhi kebutuhan lainnya. Kami ingin masuk sebagai bank untuk memenuhi kebutuhan tambahan dari meningkatnya ekonoi masyarakat," kata Nixon.

BTN mempunyai tugas untuk mendukung program Sejuta Rumah. "Sukabumi termasuk menjadi salah satu pintu yang perseroan harapkan dapat memberikan dukungan untuk program tersebut," sebutnya.

Per November 2017, BTN Sukabumi telah mengucurkan kredit sekitar Rp 142 miliar dengan alokasi sekitar Rp 120 miliar untuk mendukung pembiayaan KPR Subsidi. Adapun sekitar Rp 21 miliar untuk mendukung pembiayaan KPR Non Subsidi.

Penghimpunan DPK atau dana pihak ketiga per 31 Oktober 2017 sekitar Rp 47 miliar. Menurut Nixon, dengan status kantor cabang penuh, BTN Sukabumi akan bekerja lebih keras meningkatkan apa yang sudak dikerjakan pada saat status masih sebagai cabang pembantu.

"Kebutuhan rumah di sini masih terbuka lebar terutama untuk yang nonsubsidi. Kami minta BTN Sukabumi untuk mendorong agar potensi itu menjadi pasar yang dapat dikuasasi oleh BTN," ungkap Nixon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com