Jokowi Tunjuk Robert Pakpahan Jadi Dirjen Pajak?

Kompas.com - 23/11/2017, 13:18 WIB
Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan, Robert Pakpahan di Gedung DPR-RI, Jakarta, Senin (23/5/2016) Kompas.com/ Iwan SupriatnaDirektur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan, Robert Pakpahan di Gedung DPR-RI, Jakarta, Senin (23/5/2016)
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo dikabarkan menyetujui Robert Pakpahan (58) sebagai Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan, menggantikan Ken Dwijugiasteadi (60) yang memasuki masa pensiun. Nama Robert diajukan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Seperti dilansir The Jakarta Post, dengan mengutip sumber Istana Presiden, Kamis (23/11/2017), Robert yang saat ini menjabat sebagai Direktur Jenderal  Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan, akan menggantikan Ken pada 1 Desember 2018 ini.

Sementara Direktur Penyuluhan, Pelayanan dan Humas Ditjen Pajak Hestu Yoga Saksama yang dikonfirmasi Kompas.com, enggan berkomentar.

Robert merupakan lulusan Sekolah Tinggi Akutansi Negara (STAN). Dia meraih PhD di bidang ekonomi dari Universitas Nort Carolina AS pada 1998.

Sebelum memimpin Direktorat Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kemenkeu tahun 2015, Robert banyak menghabiskan karirnya di kantor pajak.

Tugas Dirjen Pajak baru dipastikan tidak mudah sebab harus berupaya keras mencapai target penerimaan pajak Rp 1.415 triliun seperti diusulkan di dalam RAPBN 2018.

Target penerimaan pajak tersebut naik 10,3 persen dari outlook realisasi penerimaan pajak sebesar Rp 1.283,57 triliun pada 2017.

Baca juga: Siapa Dirjen Pajak Anyar Pilihan Sri Mulyani?

Kompas TV Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah membantah penyebutan namanya di persidangan Tipikor terkait indikasi kasus suap pajak. 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X