Robert Pakpahan Calon Dirjen Pajak, Apa Penjelasan Sri Mulyani?

Kompas.com - 23/11/2017, 15:17 WIB
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Robert Pakpahan dikabarkan bakal menggantikan posisi Ken Dwijugiasteadi sebagai Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak Kementerian Keuangan. Adapun Robert saat ini menjabat sebagai Dirjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan.

Terkait penunjukkan Robert oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati enggan berkomentar banyak. Menurut dia, nama calon Dirjen Pajak disampaikan kepasa Presiden dan nantinya akan disampaikan kepada Menkeu setelah ada penetapan.

"Jadi saya tidak berkomentar terhadap rumor," ujar Sri di Gedung DPR/MPR, Jakarta, Kamis (23/11/2017).

Baca juga : Jokowi Tunjuk Robert Pakpahan Jadi Dirjen Pajak?

Ia mengungkapkan, mekanisme penunjukkan Dirjen Pajak tetap sama, yakni disampaikan kepada Presiden. Mekanisme seleksi pun dilakukan dan dipimpin oleh Presiden yang kemudian juga menetapkan hasilnya.

Sri menuturkan, pihaknya akan tetap menjaga keberlangsungan Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) agar tetap fokus bekerja. Pasalnya, periode akhir tahun seperti saat ini adalah periode kritis untuk mengejar target penerimaan pajak.

"Sistem juga sudah tetap dijaga. Kami juga terus berkoordinasi dengan semua pimpinan di Ditjen Pajak, Kanwil, dan yang lain-lain," jelas Sri.

Baca juga : Siapa Dirjen Pajak Anyar Pilihan Sri Mulyani?

Ia pun mengungkapkan bahwa kalau benar akan ditunjuk Dirjen Pajak yang baru, maka yang terpilih akan langsung menjabat Dirjen dan bukan Pelaksana Tugas (Plt). Namun, ia tidak mengomentari rinciannya.

"Komentarnya saya sampaikan kalau sudah ditetapkan Presiden," tutur Sri Mulyani.

Kompas TV Pemerintah membuka kesempatan bagi masyarakat untuk melaporkan harta yang tersembunyi
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.