Begini Cara Menjaga Pertumbuhan Industri Makanan dan Minuman

Kompas.com - 24/11/2017, 15:39 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - Benar kata pemeo bahwa urusan makanan dan perut memang tak ada matinya. Mari menyimak data terkini dari laman bps.go.id ihwal pertumbuhan industri makanan dan minuman di Indonesia.

Per 2011, misalnya. Industri makanan dan minuman mencatatkan angka pertumbuhan 10,98 persen. Kemudian, berturut-turut 19,33 persen pada 2012,  4,07 persen pada 2013,  9,49 persen pada 2014, 7,54 persen pada 2015, dan 8,46 persen pada 2016.  

Angka pertumbuhan industri makanan dan minuman ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan angka pertumbuhan industri pengolahan non-migas yang rata-rata angka pertumbuhannya hanya 5,83 persen dan rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional yang berada pada level angka 5 persen. Pengembangan industri ini patut lebih didorong karena bisa menjadi alat pemerataan, mengingat banyak melibatkan industri kecil dan menengah di sektor ini hingga ke daerah-daerah.

Sementara itu, menurut data dari laman perindustrian.go.id, sektor makanan dan minuman mendominasi penyerapan tenaga kerja bidang industri, yakni sebanyak 3,3 juta orang atau sebesar 21,34 persen dari 16,6 juta tenaga kerja di bidang industri.

Lantas, kontribusi tenaga kerja sektor industri didominasi oleh industri makanan sebanyak 3.316.186 orang atau sebesar 21,34 persen hingga minggu pertama November 2017.

Menggiurkannya bisnis makanan dan minuman itu sejatinya sudah ditangkap peluangnya oleh Gobel Group. Bahkan, sejak 1977, tutur Chairman & Shareholder Gobel Group Rachmat Gobel dalam peluncuran produk makanan -minuman premium asal Jepang Chateraise hari ini, pihaknya sudah mendirikan PT Gobel Dharma Sarana Karya yang memproduksi makanan katering skala besar untuk pabrik, rumah sakit, perusahaan pengeboran minyak, dan usaha lainnya. Hingga kini, perusahaan ini mampu menyediakan 65.000 porsi makanan per hari.

Farm factory

Menurut rilis yang diterima Kompas.com, hari ini, Chateraise berkolaborasi dengan Gobel Group membuka toko pertama di Indonesia. Lokasinya ada di Senayan City Shopping Mall, Jakarta Selatan. Sebelumnya, perusahaan asal Jepang ini, pada September 2016, meneken bersama Gobel Group telah menjalin kerja sama dengan mendirikan Perusahaan Joint Venture bernama PT. Chateraise Gobel Indonesia.

Chateraise telah menekuni usaha industri makanan-minuman sejak 1954. Perusahaan ini memiliki kekuatan di bidang riset dan inovasi teknologi, serta memiliki komitmen tinggi untuk pemakaian bahan-bahan makanan dengan konsep Farm Factory. Pada konsep ini, Chateraise menggunakan susu segar dan telur premium dari Provinsi Yamanashi dan air yang berasal dari mata air alami Hakushu di kaki Gunung Fuji.

Sampai saat ini Chateraise telah membuka toko di berbagai negara seperti Singapura (21 toko), Taiwan (4), Malaysia (4) Hong Kong (13), Korea (2), serta di UEA dan Thailand masing-masing satu toko. Chateraise juga berencana untuk membuka sekitar 50 toko lagi di berbagai negara.

Seperti toko lainnya di berbagai negara, toko di Indonesia akan menjual sekitar 50 jenis makanan seperti cake, gift, double choux cream (kue sus), legendary fresh cream shortcake, baked cake, kue kering sampai kue Jepang. Produk makanan Chateraise diimpor langsung dari pabriknya di Jepang dengan menjaga kualitas bahan-bahan tersebut dan dijajakan dengan  harga yang terjangkau.

Pada tahap berikutnya, produsen Jepang ini akan memberdayakan bahan baku  makanan  dari Indonesia seperti buah-buahan, kakao, dan lain-lain. Perusahaan ini menjamin adanya dukungan riset dan inovasi teknologi, serta pembinaan kepada para petani agar diperoleh kualitas dengan standar tinggi.  

“Produsen makanan Jepang ini telah mengekspor produknya ke berbagai negara. Nilai tambah lainnya yang sangat berarti adalah diharapkan bahan baku makanan di dalam negeri dapat meningkat kualitas produksinya, karena  mendapat dukungan pembinaan, riset dan inovasi teknologi dari produsen Jepang,” kata Rachmat Gobel.

Chateraise berkolaborasi dengan Gobel Group membuka toko pertama di Indonesia. Lokasinya ada di Senayan City Shopping Mall, Jakarta Selatan.Chateraise Chateraise berkolaborasi dengan Gobel Group membuka toko pertama di Indonesia. Lokasinya ada di Senayan City Shopping Mall, Jakarta Selatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.