Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Erupsi Gunung Agung, Pemesanan Hotel di Bali Menurun

Kompas.com - 27/11/2017, 13:18 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Erupsi Gunung Agung berdampak pada pariwisata di Bali. Banyak wisatawan yang membatalkan kedatangannya ke Pulau Dewata ini, sehingga pemesanan hotel pun berkurang.

"Pemesanan hotel otomatis turun," ujar Ketua Badan Pimpinan Daerah Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia ( BPD PHRI) Bali, Tjokoarda Oka Artha Ardhana Sukawati, saat dihubungi, Senin (27/11/2017). 

Pria yang akrab disapa Cok Ace menuturkan, adanya erupsi Gunung Agung menyebabkan para wisatawan berpikir kembali untuk berwisata di Bali. 

Sehingga imbasnya, lanjut dia, wisatawan membatalkan pesanan hotel yang tadi sudah terjadwal oleh pihak hotel. 

Baca juga: Erupsi Gunung Agung, Australia Batalkan Semua Penerbangan ke Bali

Meski demikian, Cok Ace belum menyebutkan berapa persen penurunan pemesanan hotel akibat erupsi Gunung Agung. "Belum bisa dipastikan (berapa penurunannya)," kata dia.

Erupsinya Gunung Agung ini juga menyebabkan penutupan Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali. 

Penutupan Bandara I Gusti Ngurah Rai dinyatakan dalam Notice to Airmen (Notam) Nomor A4242/17, efektif mulai Senin (27/11/2017) pukul 07.15 WITA dan diperkirakan berlansung hingga Selasa (28/11/2017) pukul 7.00 WITA. Dengan begitu, semua penerbangan dari dan ke Bali juga dibatalkan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com