UMK Karawang Tertinggi di Indonesia, Ini Komentar Menaker

Kompas.com - 28/11/2017, 15:47 WIB
Menteri Ketenagakerjaan, Hanif Dhakiri di Jakarta, Kamis (23/2/2017). KOMPAS.com/Iwan SupriyatnaMenteri Ketenagakerjaan, Hanif Dhakiri di Jakarta, Kamis (23/2/2017).
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Upah Minimum Kabupaten ( UMK) Karawang pada tahun 2018 telah disepakati sebesar Rp 3,9 juta. Angka UMK yang mendekati Rp 4 juta ini merupakan yang tertinggi di Indonesia.

Menanggapi tingginya UMK Karawang tersebut, Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Hanif Dhakiri mengungkapkan, tingginya UMK Karawang merupakan sesuatu yang khas. Mengapa demikian?

"Karawang memang agak khas karena sejarahnya mereka sudah keliru. Itu hasil dari tekanan politik yang kemudian diikuti terus," kata Hanif di Jakarta, Selasa (28/11/2017).

Menurut Hanif, formula penyusunan upah minimum sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78. Akan tetapi, dalam kasus Karawang, ada sisa-sisa masalah di masa lalu yang belum tertangani dengan baik. Namun Hanif tidak menyebutkan, apa masalah masa lalu tersebut.

Baca juga: Naik Jadi Hampir Rp 4 Juta, UMK Karawang Tertinggi di Indonesia

Oleh karena itu, sebut dia, pemerintah akan melakukan evaluasi. Ini terkait dengan penetapan baseline atau batas dasar pengupahan.

"Di waktu-waktu ke depan ini kami akan lakukan evaluasi terhadap baseline upah minimum, karena baseline yang digunakan itu pada upah yang berjalan," sebut Hanif.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah menaikkan UMK Karawang dari Rp 3.605.272 pada tahun ini menjadi Rp 3.919.291 pada tahun 2018 mendatang.

Tingginya UMK di Karawang tersebut dikhawatirkan membuat perusahaan-perusahaan keberatan dan hengkang. Pun dikhawatirkan akan berdampak pemutusan hubungan kerja (PHK) oleh perusahaan di Karawang.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X