Menteri BUMN: Insya Allah KA Bandara Bisa Diresmikan Presiden Sebelum Natal

Kompas.com - 28/11/2017, 19:46 WIB
Menteri BUMN Rini Soemarno menunjukkan tiket saat menjajal Kereta Bandara Soekarno Hatta, Selasa (28/11/2017) Yoga Hastyadi WidiartantoMenteri BUMN Rini Soemarno menunjukkan tiket saat menjajal Kereta Bandara Soekarno Hatta, Selasa (28/11/2017)
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno yakin penyelesaian proyek Kereta Bandara Soekarno Hatta bakal lancar sehingga bisa mulai beroperasi pada awal pekan Desember 2017.

Rini memang baru mencoba menaiki kereta tersebut pada hari ini. Dia menggunakan Sky Train dari Terminal 3, Bandara Soekarno Hatta Tangerang menuju ke Stasiun Bandara; meninjau kondisi stasiun; lalu menyimulasikan pembelian tiket dan menaiki Kereta Bandara hingga sampai di Stasiun Sudirman Baru.

"Jika melihat situasi yang ada, yaitu masih ada sedikit pembersihan, pemadatan jalur track kereta, minimal 10 hari dari sekarang kereta bandara sudah dapat diresmikan. Insya Allah KA Bandara bisa diresmikan Presiden sebelum Natal ini," terangnya saat ditemui usai meninjau persiapan Kereta Bandara Soekarno Hatta, di Stasiun Sudirman Baru, Selasa (28/11/2017).

Dia menambahkan, Kereta Bandara Soekarno Hatta menggunakan rel baru sepanjang 12 kilometer, yang membentang antara Stasiun Batu Ceper ke Stasiun Bandara.

Baca juga: Mencoba Naik Kereta Bandara Soekarno Hatta...

Kokpit Kereta Bandara Soekarno HattaYoga Hastyadi Widiartanto Kokpit Kereta Bandara Soekarno Hatta
Karena merupakan rel baru, masih ada sejumlah penyesuaian yang harus dilakukan. Beberapa di antaranya adalah memadatkan tanah di bawah rel dan menyesuaikannya agar tidak goyang ketika dilalui kereta.

Kendati demikian, menurut Rini, proyek Kereta Bandara Soekarno Hatta sudah berjalan dengan baik. Tinggal soal harga tiket saja yang belum dipastikan.

"Harga belum diputuskan, tunggu Presiden meresmikan dulu. Kami mempelajari harga transportasi dari Batu Ceper, lalu taksi dan Damri. Lalu nanti akan kami usulkan. Perhitungannya yang tidak memberatkan masyarakat, tapi juga tetap baik untuk operasional Railink," tuturnya.

Rencananya saat sudah beroperasi nanti, Kereta Bandara akan berhenti di lima stasiun yaitu Stasiun Manggarai, Stasiun Sudirman Baru, Stasiun Duri, Stasiun Batu Ceper, dan Stasiun Bandara.

Baca juga : Awal Pengoperasian Desember, Kereta Bandara Soekarno-Hatta Digratiskan

Tempat penyimpanan koper ini diletakkan sepasang di kanan-kiri masing-masing gerbong KA Bandara Soekarno HattaYoga Hastyadi Widiartanto Tempat penyimpanan koper ini diletakkan sepasang di kanan-kiri masing-masing gerbong KA Bandara Soekarno Hatta
Dalam uji coba tahap dua yang diikuti oleh Kompas.com, perjalanan dari Stasiun Sudirman Baru hingga Stasiun Bandara bisa ditempuh dalam waktu lebih dari 1 jam.

Selain Rini, uji coba Kereta Bandara kali ini juga dihadiri oleh Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin, Plt Dirut PT Industri Kereta Api (Inka) Mohamad Nur Sodiq, Dirut PT Waskita Karya (Persero), M.Choliq dan Dirut PT Bank Negara Indonesia (Persero), Achmad Baiquni.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X