Erupsi Gunung Agung Tak Ganggu Persiapan Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia

Kompas.com - 29/11/2017, 12:45 WIB
Panitia Nasional Annual Meeting (AM) International Monetary Fund (IMF)- World Bank Group tahun 2018 menyampaikan keterangan pers di Nusa Dua, Bali KOMPAS.com/Robinson GamarPanitia Nasional Annual Meeting (AM) International Monetary Fund (IMF)- World Bank Group tahun 2018 menyampaikan keterangan pers di Nusa Dua, Bali
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak akhir pekan lalu, aktivitas kegunungapian di Gunung Agung, Bali meningkat. Abu dan asap vulkanik yang membumbung hingga ketinggian sekira 6.000 meter membuat Bandara Internasional Ngurah Rai ditutup dan ratusan penerbangan dibatalkan atau dialihkan.

Meningkatnya aktivitas vulkanik Gunung Agung tidak berpengaruh terhadap persiapan penyelenggaraan Pertemuan Tahunan (Annual Meeting) Dana Moneter Internasional (IMF)-Bank Dunia. Pertemuan bergengsi tersebut akan dilaksanakan pada 8-14 Oktober 2018 tahun depan.

Ketua Satuan Tugas Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia Peter Jacobs menjelaskan, pihaknya tetap memantau setiap situasi terbaru terkait aktivitas kegunungapian di Gunung Agung. Selain itu, imbuh Peter, pihaknya juga berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait.

Baca juga : Pemerintah Gelontorkan Rp 1 Triliun untuk Pertemuan IMF-World Bank 2018

Meskipun demikian, ia memastikan bahwa Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia akan tetap dilaksanakan di Nusa Dua, Bali pada tahun depan. Peter pun mengungkapkan, hingga saat ini tidak ada perubahan rencana terkait penyelenggaraan pertemuan tersebut.

"Pertemuan itu masih Oktober tahun depan. Kami akan monitor terus aktivitas Gunung Agung, tidak ada yang tahu kapan akan benar-benar erupsi," jelas Peter kepada Kompas.com di Jakarta, Selasa (28/11/2017).

Peter menjelaskan, setiap persiapan sudah selesai dilakukan. Sehingga, hanya tinggal menunggu hari H penyelenggaraan pertemuan tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Semua persiapan sudah beres. Kami sudah siap," tuturnya.

Baca juga : Gunung Agung Meletus, Luhut Tegaskan Pertemuan IMF-Bank Dunia Tetap di Bali

Sekadar informasi, pertemuan itu akan dihadiri sekitar 17.000 orang delegasi dari 189 negara di dunia.

Tidak hanya dihadiri para menteri keuangan dan gubernur bank sentral dari 189 negara, pertemuan itu juga dihadiri para petinggi perusahaan dan pengusaha kaya dan lembaga keuangan internasional.

Indonesia merupakan negara keempat di kawasan ASEAN yang menjadi tuan rumah pertemuan IMF dan Bank Dunia setelah sebelumnya digelar di Filipina tahun 1976, Thailand tahun 1991, dan Singapura pada tahun 2006.

Kompas TV Arti Pertemuan Presiden Jokowi dan Presiden Bank Dunia


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.