Beasiswa Pendidikan Tinggi Dapat Tingkatkan Kualitas SDM RI

Kompas.com - 29/11/2017, 14:11 WIB
Foto ilustrasi mahasiswa pencari kerja. CareerBuilder.co.id Foto ilustrasi mahasiswa pencari kerja.
EditorAprillia Ika

KOMPAS.com - Pemerintah terus mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia melalui sektor pendidikan. Pemerintah juga tidak segan menyebar beasiswa pendidikan tinggi seperti dalam program Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam sebuah kesempatan mengatakan bahwa beasiswa pendidikan akan meningkatkan daya saing SDM di Indonesia. Terutama, memasuki era pasar bebas ASEAN dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN.

"15 sampai 20 tahun yang akan datang akan terjadi persaingan yang sangat ketat, kita punya SDM kalau tidak dibenahi akan sulit memenangkan persaingan, persaingan ketat sudah ada, bukan lagi di depan mata, dimulai dengan MEA," kata Jokowi.

Sektor swasta tak mau kalah dalam mendorong peningkatan kualitas SDM di Indonesia. Pihak swasta berkepentingan untuk mendapuk SDM berkualitas unggul serta untuk menciptakan calon pemimpin masa depan yang baik dan tangguh.

Tanoto Foundation merupakan salah satu penyedia dana beasiswa pendidikan tinggi khusus siswa berprestasi.

Sihol Aritonang, Head Of Executive Board Tanoto Foundation mengatakan, mahasiswa berprestasi harus disiapkan sejak awal untuk masuk perguruan tinggi.

Mahasiswa dengan kualifikasi ini adalah mereka yang memiliki kemampuan akademik yang baik, namun juga didukung keterampilan (soft skills) hidup dan dan kepedulian terhadap sesama.

"Tantangan seorang mahasiswa tentu berbeda setiap zaman. Sayangnya, banyak di antara mereka yang sejak awal memikul tanggungjawab sejarah dan peran strategis di masa depan tidak sadar dengan status kemahasiswaannya ini", ujar Sihol melalui pernyataannya, Rabu (29/11/2017).

Realitas itulah yang mendasari Tanoto Foundation merancang sebuah program beasiswa baru. Program ini tak sekadar memberikan beasiswa, namun juga bertujuan untuk mencetak penerima beasiswa menjadi SDM berkualitas yang tangguh.

Selain melakukan sistem monitoring dan evaluasi akademik terhadap peserta beasiswa secara teratur setiap semester, Tanoto Foundation juga membekali para peserta beasiswanya dengan berbagai kemampuan pendukung (soft skills) Agar mereka siap menjadi mahasiswa berprestasi di bidang apapun.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X