Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nilai Bitcoin Kembali Tembus Rekor Tertinggi di Level Rp 145,8 Juta

Kompas.com - 30/11/2017, 06:44 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber CNBC

NEW YORK, KOMPAS.com - Nilai mata uang virtual bitcoin menembus rekor tertinggi sebesar 11.000 dollar AS atau setara sekitar Rp 148,5 juta pada Rabu (29/11/2017) waktu setempat. Ini terjadi beberapa jam setelah mencapai level 10.000 dollar AS untuk pertama kalinya.

Mengutip CNBC, Kamis (30/11/2017), sesaat kemudian nilai bitcoin turun sedikit ke level 10.777 dollar AS atau sekitar Rp 145 juta. Meski nilainya terus menanjak tinggi, volatilitas bitcoin tak kalah tinggi pula.

Nilai Bitcoin pada 2017AFP/KOMPAS.com Nilai Bitcoin pada 2017

"Reli (bitcoin) cenderung tidak berkesinambungan, kecuali jika nilai bitcoin bisa menembus semua kekayaan di dunia dalam beberapa tahun," ujar Ari Paul dari perusahan investasi cryptocurrency BlackTower Capital.

Baca juga : Nilai Bitcoin Terus Menanjak, Kritik Pun Terus Berdatangan

Paul mengungkapkan, ada kemungkinan nilai bitcoin kembali terkoreksi dan anjlok. Sejak kapitalisasi bitcoin mencapai kurang dari 200 miliar dollar AS, pihak-pihak yang antusias terhadap bitcoin menyatakan mata uang virtual itu akan meningkat secara dramatis.

Perdagangan bitcoin dalam mata uang yen mendominasi total perdagangan, yakni 64 persen. Sementara itu, perdagangan bitcoin dalam dollar AS persentasenya mencapai 21 persen dan dalam won Korea Selatan 8 persen, menurut data CryptoCompare.

Baca juga : Morgan Stanley: Bitcoin Bukan Investasi yang Aman

"Ini sungguh merupakan fenomena global, tak hanya fenomena di AS, yang kemungkinan mendorong nilai bitcoin lebih tinggi," jelas Nick Colas, pendiri DataTrek Research.

Pusat penukaran bitcoin terbesar di dunia, CME, berencana meluncurkan bursa berjangka bitcoin pada pekan kedua Desember 2017. Namun demikian, menurut perusahaan riset finansial Autonomous Next, saay ini sudah ada lebih dari 120 cryptofund.

Kompas TV Selasa (31/10/2017) seluruh gerbang pembayaran tol milik Jasa Marga secara resmi tidak melayani uang tunai alias hanya memakai uang elektronik.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com