Menko Darmin: Pembentukan Satgas Perizinan Investasi Sudah 90 Persen

Kompas.com - 30/11/2017, 09:00 WIB
|
EditorAprillia Ika

KOMPAS.com - Satuan tugas (Satgas) perizinan, yang rencananya dibentuk untuk mengawal proses penerbitan perizinan investasi di Indonesia, kini sudah hampir selesai dan siap bertugas.

Informasi soal kesiapan itu diungkap oleh Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution saat ditemui di sela acara Kompas 100 CEO Forum, di Raffles Hotel, Jakarta, Rabu (29/11/2017).

"Masing-masing satgas, saya sudah liat sudah 90 persen dibentuk, tinggal 10 persen lagi," ujar Darmin.

Satgas tersebut akan diletakkan di pusat dan daerah, dengan tanggung jawab pengelolaan masing-masing berada di tangan Sekretaris Jenderal dan Sekretaris Daerah.

Baca juga : Pemerintah Siapkan Pembentukan Satgas Percepatan Pelaksanaan berusaha

 

Tanggung jawabnya antara lain berupa memonitor proses pengurusan izin investasi, evaluasi, serta mengurai berbagai hambatan yang ditemukan.

Jika satuan tugas di daerah tidak bisa menyelesaikan suatu hambatan, maka nantinya harus dilaporkan ke pusat agar bisa ditangani langsung.

Selain soal satgas, Darmin juga mengungkap bahwa dalam waktu dekat akan dilakukan integrasi perizinan dan penerapan sistem online.

Baca juga : Menperin Yakin Kebijakan PTSP Berikan Efek Positif Sektor Industri

Integrasi perizinan dibuat dengan harapan para calon investor atau orang yang ingin berusaha, cukup datang mengajukan izin ke satu kantor Perizinan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Jika usaha tersebut membutuhkan bermacam-macam izin berbeda, maka prosesnya akan dikerjakan oleh PTSP tersebut.

Sedangkan sistem online berguna untuk membuat pengajuan izin usaha bisa dilakukan menggunakan aplikasi smartphone atau situs tertentu.

"Kami sedang menyusun perizinan online. Kami harap april tahun depan sudah berjalan online dan terintegrasi. Investor cukup datang ke satu gedung dan semua urusan selesai. Kita yang akan urusi semua masalahnya, jangan dia yang pusing mengurus perizinan padahal kita yang butuh dia untuk investasi," imbuh Darmin.

Baca juga : Investasi Terhambat, Laporkan ke Satgas Percepatan Kebijakan Ekonomi

Halaman:



Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.