Malaysia Berupaya Kuasai Pasar Durian di China

Kompas.com - 30/11/2017, 12:30 WIB
Festival Bazar Durian Bogor KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIAFestival Bazar Durian Bogor
|
EditorAprillia Ika

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Buah unik khas tropis durian kini semakin digemari pula di China. Data Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) menyebut, impor durian ke China rata-rata meningkat 26 persen per tahun dalam 10 tahun terakhir, menyentuh nilai 1,1 miliar dollar AS pada 2016.

Mengutip Bloomberg, Kamis (30/11/2017), Thailand mendominasi pasar durian di China, namun Malaysia tengah berupaya mengejar. Diplomasi durian pun dijalankan oleh negara tetangga Indonesia tersebut.

Pada awal November 2017, festival durian Malaysia digelar di Nanning, China bagian selatan. Sekira 165.000 orang memadati festival tersebut untuk mencicip lezatnya buah durian.

Baca juga : Durian Jadi Buah Idaman di China

"Ada beberapa orang di sana yang mengatakan, sekarang di China ada dua hal yang akan membuat orang mengantre panjang, yakni iPhone X dan durian Malaysia," kata Menteri Pertanian dan Agribisnis Malaysia Ahmad Shabery Cheek.

Durian kerap dianggap sebagai rajanya buah-buahan. Di Malaysia, turis-turis asal China sangat mengincar durian, yang dilarang dibawa atau disantap di hotel, bandara, dan sarana transportasi publik lantaran aromanya yang menusuk.

Lalu, mengapa durian begitu diminati di China? Loris Li, analis makanan dan minuman di perusahan riset Mintel Group Ltd di Shanghai menyatakan, konsumen-konsumen China saat ini cenderung ingin menyantap makanan yang berbeda, khsusunya terkait buah-buahan tropis.

Baca juga : Terungkap? Rahasia Sukses Durian Ucok Medan

Durian digunakan sebagai perasa produk-produk makanan. Ada yogurt, biskuit, hinggga kopi dan pizza rasa durian di sana.

Durian dan produk-produk berbasis durian pun merupakan barang yang paling banyak dicari di China, yakni pada situs dagang daring Alibaba. 45.500 petani durian di Malaysia kini menggantungkan bisnisnya pada pasar China.

Akhirnya, memiliki perkebunan durian di Malaysia bukan hanya merupakan investasi yang menguntungkan, namun juga simbol prestise. Pasalnya, harga durian terus menanjak dan permintaan dari China juga terus mengalir deras.

Kompas TV Bagi warga Manado, bulan Februari adalah bulan penuh durian. Mengapa? Karena setiap februari hampir setiap pasar buah hingga di pinggir-pinggir jalanan, penuh dengan para penjual durian.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Bloomberg
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X