Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gatot Nurmantyo Masuk Bursa Calon Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah

Kompas.com - 30/11/2017, 21:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -   Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo masuk dalam bursa calon ketua umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES). Dukungan itu datang dari pengurus pusat dan daerah dalam Munas ke-4 MES, Kamis (30/11/2017).

Selain Gatot, terdapat juga nama tenar lainnya seperti Wimboh Santoso yang kini menjabat Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sementar Muliaman D. Hadad, Ketua Umum MES yang habis masa jabatannya, juga kembali dijagokan untuk memimpin MES untuk yang keempat kalinya.

Wakil Sekjen MES, Iggi H. Achsien menyebutkan, sebelumnya pemerintah telah membentuk Komite Nasional Ekonomi Syariah (KNKS) yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo. "Jika MES kemudian diketuai oleh Panglima TNI, maka kian nyata dukungan pemerintah terhadap ekonomi syariah," sebut Iggi seperti dikutip dari Kontan.

Kepemimpinan dan kedekatan dengan kalangan ulama dan umat Islam, menjadi pertimbangan awal munculnya nama Gatot dalam Munas yang berlangsung di Menara BTN, Jakarta itu. Kedekatan tersebut diharapkan dapat diwujudkan menjadi gerakan yang lebih nyata dalam mendukung dan mengembangkan ekonomi syariah di Indonesia.

Baca juga: MES Berharap Indonesia Punya Bank BUMN Syariah

Dengan berakhirnya masa kepemimpinan Muliaman Hadad, Munas ke-4 ini memutuskan untuk membentuk formatur yang terdiri dari 9 orang, untuk selanjutnya akan memilih Ketua Umum MES yang baru.

Kesembilan tim formatur itu terdiri dari Syahrial Abbas, Muhammad Hudaya, Sulaiman Wasahua, Yodi Izharivan, KH Ma'ruf Amin, Sugiharto, Muliaman D. Hadad, Firdaus Djaelani, dan Muhammad Syakir Sula.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) dan Ketua Panitia Munas ke-4, Friderica Widyasari mengatakan, Munas dihadiri oleh 217 orang, termasuk utusan dari Inggris.

Peserta yang hadir terdiri dari 55 orang pengurus pusat, 74 orang pengurus wilayah, 58 orang pengurus daerah, dan 4 orang pengurus wilayah khusus MES. Ditambah juga 26 orang undangan/peninjau. (Kontan/Yuwono Triatmodjo)


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com