Riset Pasar, Syarat untuk Kembangkan Bisnis Lebih Luas

Kompas.com - 02/12/2017, 18:27 WIB
ilustrasi shortcut keyboard Blog Windowsilustrasi shortcut keyboard
|
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com – Riset pasar adalah salah satu syarat pengembangan bisnis berbagai usaha menjadi lebih luas. Apalagi, jika hal itu disetarakan dengan jumlah konsumen Indonesia yang setara dengan jumlah penduduk Indonesia, 250 juta lebih.

Laman cermati.com menunjukkan riset pasar ada kaitannya dengan ekspansi pasar. Hal ini akan membuat bisnis tidak terkesan jalan di tempat dan itu-itu saja.

Di zaman digital seperti saat ini, riset pasar bisa dilakukan melalui media sosial. Cara ini adalah tawaran kemudahan bagi pelaku bisnis.

Pasar, sebagaimana catatan Vice President Director PT David Roy Indonesia Eliawati Erly yang diterima Kompas.com, hari ini, selalu berkembang. “Salah satunya adalah tren gaya hidup,” tuturnya sembari memperkenalkan varian selai kacang premium Dale’s Farm yang terbaru yang didistribusikan oleh perusahaannya itu.

Menurut Eliawati, dalam perjalanan pengalamannya, konsumen Indonesia saat ini kembali kepada makanan alami. “Makanan alami adalah makanan yang meminimalkan zat preservatif, gula, dan pewarna,” tuturnya.

“Mulai kembali lagi ke masa lalu, ada yang namanya jus, yogurt, makannya sayuran, salad, atau zaman dulu gado-gado waktu orang tua kita,” katanya lagi.

“Riset kami juga menemukan pentingnya mengonsumsi makanan sehat yang tetap enak di lidah dan sesuai selera Indonesia,” imbuhnya.

Soal produk terbaru, lanjut Eliawati, pihaknya menghadirkan dua varian rasa yakni smooth dan crunchy.

Selain itu, produk selai kacang tersebut diklaim  sehat serta tidak mengandung zat preservatif. Lantas, ada komposisi kacang dipanggang ditumbuk, dikasih garam dan gula sedikit, tambahan dengan minyak kacang dan minyak palem. “Masing-masing 50 persen-50 persen,” katanya sambil menambahkan bahwa produk tersebut sudah tersedia di gerai ritel modern.

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X