Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebentar Lagi, Bursa Berjangka Bitcoin Bakal Hadir di Dunia

Kompas.com - 03/12/2017, 17:31 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber CNN Money

NEW YORK, KOMPAS.com - Pusat perdagangan terbesar mata uang digital bitcoin terbesar di dunia, CME, mengumumkan bakal segera meluncurkan bursa berjangka bitcoin. CME kabarnya sudah mengantongi izin dari Komisi Perdagangan Berjangka Komoditas AS.

Selain CME, kompetitornya, yakni Cboe Futures Exchange, juga akan meluncurkan kontrak bitcoin. Cantor Exchange juga telah memperoleh sertifikat kontrak baru untuk opsi penjualan bitcoin biner.

Pada Jumat (1/12/2017) lalu, nilai bitcoin bertengger pada posisi 10.539 dollar AS atau setara sekira Rp 142,2 juta. Sebelumnya, nilai bitcoin juga sempat anjlok 20 persen ke level 9.021 dollar AS atau setara sekitar Rp 121,7 juta setelah sempat pula menembus level tertinggi 11.377 dollar AS atau sekitar Rp 153,5 juta.

Pengumuman CME muncul sejalan dengan langkah beberapa bursa berjangka lainnya yang buru-buru meluncurkan produk derivatif bitcoin. Saham CME pun menguat 1,7 persen ke level tertingginya pada Jumat.

Baca juga : Pemenang Nobel Joseph Stiglitz: Bitcoin Tak Memberikan Manfaat Sosial

Sementara itu, Nasdaq berencana meluncurkan bursa berjangka bitcoin pada kuartal II 2018 mendatang. Nasdaq akan mengatur harga berdasarkan 50 sumber bitcoin di seluruh dunia.

Sementara itu, Cboe saat ini menggunakan satu sumber bitcoin. Adapun CME saat ini menggunakan 4 sumber, ujar juru bicara Nasdaq.

Penguatan nilai bitcoin sangat signifikan dan fenomenal pada tahun 2017 ini. Sejak awal tahun, nilai bitcoin sudah menguat lebih dari 1.000 persen, namun volatilitasnya pun tinggi.

Kompas TV Selasa (31/10/2017) seluruh gerbang pembayaran tol milik Jasa Marga secara resmi tidak melayani uang tunai alias hanya memakai uang elektronik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN Money



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com