Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bekraf Hadirkan "Layar Kubah" di Sail Sabang 2017

Kompas.com - 04/12/2017, 13:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menghadirkan ‘Layar Kubah’ sebagai salah satu rangkaian kegiatan dalam penyelenggaraan  Sail Sabang 2017.

‘Layar Kubah’ yang merupakan media edukasi tentang planet dan tata surya bagi para siswa SD di Kota Sabang. 

Sarana hiburan dan pendidikan itu hadir mulai Minggu (3/12/2017) hingga Selasa (5/12/2017). Pengunjung yang ingin menikmati, bisa datang ke SMAN 1 Kota Sabang.

Direktur Fasilitasi Infrastruktur Fisik Bekraf Selliane Halia Ishak menjelaskan penyelenggaran ‘Layar Kubah’ tersebut berguna untuk menambah pengetahuan sekaligus pengalaman merasakan seolah olah berada di luar angkasa.

“Sebagaimana tahun lalu di Sail Karimata, kami menghadirkan ‘Layar Kubah’ untuk menunjukkan kepada siswa SD dari kelas 4 sampai kelas 6, untuk merasakan experience planetarium. Pengentahuan di dalam (layar kubah, red) adalah tentang benda-benda di luar angkasa. Kita akan tahu kapan manusia itu mendarat di bulan dan benda apa saja yang dibawa manusia di bulan,” tuturnya dalam keterangan resmi, Senin (4/12/2017).

Layar Kubah ini terselenggara atas kerja sama antara Bekraf dengan Ilmuwan Muda Indonesia (IMI), yakni sebuah komunitas yang memiliki minat terhadap bidang astronomi.

Seluruh SD di Sabang diundang dengan mengirimkan perwakilannya sebanyak 30 siswa. Termasuk siswa siswi SDN 1 Sabang yang mendapatkan kesempatan pertama  menyaksikan film edukasi tentang astronomi ini.

Sementara itu, Wakil Kepala Bekraf, Ricky J. Pesik menuturkan 'Layar Kubah' ini merupakan bagian dari 16 subsektor ekonomi kreatif baik kontennya (film) dan medium yang digunakannya (seni pertunjukkan).

“Bekraf bertanggung jawab terhadap sektor-sektor yang berkaitan dengan hiburan untuk masyarakat, seperti film dan seni pertunjukkan,” ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com