Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Elnusa Selesaikan Pekerjaan Seismik 3 Dimensi Terbesar di Indonesia

Kompas.com - 04/12/2017, 18:28 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan penyedia jasa energi PT Elnusa Tbk (ELSA) mengumumkan telah menyelesaikan pekerjaan seismik laut tiga dimensi (3D) pada November 2017 di Laut Andaman, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

Adapun klien perseroan adalah Talisman Andaman BV.

Pekerjaan seismik laut dengan luas area lebih dari 3.000 kilometer persegi ini merupakan pekerjaan survei seismik 3D terbesar yang pernah ada di Indonesia.

Survei dikerjakan dengan menggunakan teknologi Continuous Line Acquisition & Marine Seismic Broadband.

Baca juga : Pengamat: Prestasi Elia Massa di Elnusa Jadi Modal Pimpin Pertamina

Survei pun dilakukan dengan ‘ELSA Regent,' kapal seismik terbesar berbendera Indonesia milik Elnusa. Kapal ini dilengkapi dengan streamer yang dapat dibentang sepanjang 10x10 kilometer, dioperasikan oleh anak bangsa.

“Kami berhasil menyelesaikan pekerjaan seismik laut 3D secara tepat waktu dan menghasilkan data seismik

berkualitas tinggi dan diakui oleh klien. Hal ini merupakan bukti bahwa kami sebagai perusahaan jasa energi nasional mampu untuk memberikan layanan jasa migas terbaik," kata Direktur Pengembangan Usaha Elnusa Budhi N Pangaribuan dalam keterbukaan informasi pada laman Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (4/12/2017).

Budhi menuturkan, kapal ELSA Regent dapat dimanfaatkan oleh seluruh Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) untuk kegiatan eksplorasi migas maupun kegiatan lainnya di wilayah nasional dan regional”, tambahnya.

Pekerjaan survei seismik ini didukung sinergi Elnusa group dan anak usaha PT Pertamina (Persero) lainnya.

Rampungnya proyek survei seismik laut 3D ini tentunya menambah optimisme kinerja ELSA di akhir tahun. Proyek seismik darat 3D lain di Papua Barat juga dalam tahapan penyelesaian.

Berjalan baiknya beberapa proyek ini merupakan penopang utama pendapatan Elnusa di jasa hulu migas.

Pada tahun ini Elnusa juga terus menggenjot pertumbuhan bisnis melalui jasa non-asset based engineering, procurement, construction, operation & maintenance (EPC-OM) dan jasa hilir migas transportasi dan logistik BBM.

“Hal ini membuat kami semakin optimis untuk menutup penghujung tahun 2017 dengan capaian positif yang menggembirakan," imbuh Budhi.

Kompas TV Badan Pusat Statistik atau BPS mencatat surplus dagang Indonesia mengalami penurunan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com