Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Alasan Galang Dana Crowdfunding untuk Usaha Itu Sebuah Solusi

Kompas.com - 05/12/2017, 14:00 WIB

KOMPAS.com - Crowdfunding sebenarnya bukanlah hal yang baru lagi di masyarakat. Namun memang masih ada beberapa orang yang kurang memahami sistem ini. Meskipun sudah banyak website crowdfunding yang cukup populer.

Crowdfunding merupakan praktik pendanaan usaha maupun proyek yang mana dilakukan dengan cara mengumpulkan sejumlah uang dari berbagai orang.

Dibandingkan dengan investor tradisional, kampanye melalui crowdfunding ini didanai langsung oleh masyarakat umum. Mulai dari teman, kerabat, rekan kerja, hingga siapapun yang memang terhubungkan dengan ide-ide Anda tersebut.

Meskipun bukanlah hal baru dalam bidang teknologi, namun crowdfunding memang salah satu cara terbaik bagi Anda yang ingin meluncurkan produk-produk usaha.

Berikut ini beberapa alasan mengapa galang dana atau crowdfunding direkomendasikan untuk modal usaha.

1.Free Money, tapi Tidak Memiliki Ikatan yang Melekat

Alasan ini sudah cukup jelas dan layak untuk diketahui banyak orang. Crowdfunding memang benar-benar gratis, namun tidak seperti mengambil dana bebas dari investor.

Yang dimaksud dengan free money pada crowdfunding adalah tidak adanya ikatan yang melekat di dalamnya. Modal investasi yang ada memang akan tampak seperti uang gratis, tapi ingat itu untuk modal usaha.

2.Pendukung dan Pendengar akan Tumbuh

Di satu sisi Anda membutuhkan dana untuk mengembangkan produk-produk yang dimiliki. Namun di sisi lainnya Anda tentunya akan membutuhkan komunitas orang-orang yang memang akan benar-benar membelinya.

Untuk mencapai kedua hal ini biasanya akan membutuhkan biaya untuk mencapainya. Melalui crowdfunding, Anda bisa mendapatkan keduanya secara gratis tanpa biaya sedikitpun.

Kampanye melalui crowdfunding yang memang dijalankan dengan baik akan memungkinkan kedua hal tersebut dapat dicapai.

Anda tidak hanya dapat mengumpulkan uang yang digunakan untuk pengembangan usaha melalui komunitas pendukung ini, akan tetapi juga dapat memasarkan produk-produk Anda.

3.Membangun Audiens yang Benar-Benar Peduli

Tumbuh dan terlibat bersama audiens memang menjadi kesulitan akhir-akhir ini. Membangun orang yang benar-benar peduli pada ide-ide yang Anda miliki bukanlah hal yang mudah. Namun melalui crowdfunding, semua hal tersebut dapat terpecahkan.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com