Gerbang Pembayaran Nasional, BI Targetkan Semua Bank Terhubung Juni 2018

Kompas.com - 05/12/2017, 20:12 WIB
Kepala Pusat Program Transformasi Bank Indonesia Onny Widjanarko KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERA Kepala Pusat Program Transformasi Bank Indonesia Onny Widjanarko
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Pusat Program Transformasi Bank Indonesia (BI), Onny Widjanarko, menjelaskan proses mewujudkan program Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) butuh waktu hingga beberapa bulan ke depan. Proses yang memerlukan persiapan cukup lama adalah memadukan sistem informasi teknologi antarbank.

"Semakin nanti bank-bank itu terhubung, semakin luas interoperabilitas. Ada tahapan, tergantung kecepatan keterhubungan. Dalam ketentuan kami, ada waktu sampai Juni 2018 semua harus sudah terhubung," kata Onny saat berbincang dengan pewarta pada Senin (4/12/2017).

Onny menyebutkan, sampai saat ini, ada 60 bank di Indonesia yang menerbitkan kartu debit untuk nasabahnya. Kemudian, ada 14 bank yang mengeluarkan perangkat electronic data capture (EDC) yang digunakan untuk transaksi di merchant tertentu.

Pihaknya mengaku sudah mengabarkan seluruh bank dan membentuk tim khusus untuk mengawal sinkronisasi sistem tersebut. Kepada tim yang mengawal proses itu, dipesankan supaya tidak ada perubahan yang terlalu signifikan sehingga bisa dengan mudah diikuti oleh bank-bank lain dan program GPN cepat berjalan.

Baca juga : Saat Kebiasaan Bank Indonesia Buat Anggota DPR Bingung...

"Bank Indonesia telah meminta lembaga switching membuat spesifikasi yang tidak banyak perubahannya. Itu sudah disebarkan ke seluruh bank, semuanya lagi nyiapin," tutur Onny.

Program GPN akan dimulai Januari 2018 mendatang, dengan langkah awal menerbitkan kartu dengan logo burung garuda berwarna merah sebagai simbol program GPN.

Kartu debit dan uang elektronik dengan logo itu memungkinkan nasabah bertransaksi, cek saldo, maupun transfer atau tarik tunai di mesin anjungan tunai mandiri (ATM) maupun perangkat EDC dari bank lain tanpa dikenakan biaya tambahan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X