OJK: Awal Tahun Depan Sudah Terjadi Kesepakatan Danamon dan MUFG

Kompas.com - 07/12/2017, 06:47 WIB
Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK, Heru Kristiyana di Gedung OJK Jakarta, Jumat (10/11/2017).  KOMPAS.com/ACHMAD FAUZIKepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK, Heru Kristiyana di Gedung OJK Jakarta, Jumat (10/11/2017). 
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com -  Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Heru Kristiana mengatakan, pembicaraan masuknya Mitsubishi UFK Financial Group (MUFG) ke Bank Danamon masih terus berjalan. Dia mengaku pihaknya sudah bertemu secara informal dengan  Danamon dan MUFG.

"Diharapkan awal tahun depan sudah terjadi kesepakatan antara Danamon dan MUFG," kata Heru ketika ditemui ketika acara seminar kantor perwakilan bank asing, Rabu (6/12/2017).

Sementara Kepala Departemen Pengawasan Perbankan II OJK Ariastiadi mengatakan, dari pembicaraan informal ini terungkap bahwa MUFG ingin masuk secara bertahap di Bank Danamon.

"Awalnya MUFG ingin masuk sebagai minoritas 20 persen di Bank Danamon," kata Ari ketika ditemui di tempat yang sama.

Baca juga: Kuartal III 2017, Bank Danamon Bukukan Laba Bersih Rp 3 Triliun

Nantinya masuknya 20 persen saham MUFG di Bank Danamon ini diperkirakan terjadi pada kuartal 1 2018. Sebelum ini, MUFG dan Danamon harus menyerahkan surat kesepakatan resmi ke OJK.

Oleh karena itu saat ini, MUFG sedang melakukan uji tuntas terkait rencana masuk sebagai pemegang saham minoritas di Bank Danamon.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tahap dua transaksi ini ketika sudah ada kesepakatan lanjutan. OJK menargetkan rencana masuknya 40 persen MUFG di Bank Danamon ini bisa lebih cepat.

Ada beberapa skenario terkait masuknya MUFG di Bank Danamon. Pertama adalah jika MUFG hanya masuk sebagai minoritas. Jika ini terjadi tidak perlu ada pengalihan saham.

Namun jika MUFG masuk di Bank Danamon sebagai pemegang saham mayoritas maka harus dilakukan tender offer dan pengalihan saham. MUFG harus mengajukan permohonan ke OJK jika ada pemegang saham pengendali.

Temasek pemegang saham mayoritas Bank Danamon menurut pengakuan OJK mengaku rela melepas saham minoritas ke MUFG. Namun belum jelas apakah Temasek rela ketika MUFG ingin mengempit 40 persen saham Danamon. (Kontan/Galvan Yudistira)

Berita ini sudah tayang di Kontan dengan judul OJK: Tahun depan kesepakatan Danamon MUFG terjadi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.