Kompas.com - 07/12/2017, 14:07 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — Awal pekan ini, Bank Indonesia telah mengimplementasikan Gerbang Pembayaran Nasional. Ini adalah sistem yang menyatukan kanal pembayaran bank-bank yang berbeda menjadi satu. Prinsip dasar kebijakan GPN adalah interkonektivitas dan interoperabilitas. Contoh sederhananya adalah satu mesin electronic data capture bisa digunakan oleh banyak bank.

Dalam kebijakan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) diatur pula mengenai penyesuaian tarif transaksi kartu debit dengan menggunakan mesin electronic data capture (EDC). Biaya tersebut dinamakan Merchant Discount Rate (MDR).

Direktur PT Bank Central Asia Tbk Santoso Limen menjelaskan, pengenaan biaya ini hanya diperuntukkan bagi merchant atau pedagang dan tidak untuk konsumen.

"Semua dikenakan ke merchant, konsumen tidak dikenai biaya sama sekali," kata Santoso dalam media briefing di Grand Indonesia Shopping Mall, Kamis (7/12/2017).

Baca juga: Himbara: Bank BUMN Siap Implementasikan GPN

Santoso mengungkapkan, merchant pun tidak diperkenankan untuk mengenakan biaya tambahan (surcharge) dalam transaksi pembayaran menggunakan kartu debit melalui mesin EDC. Hal ini sesuai dengan ketentuan BI.

"Surcharge itu sesuai kebijakan BI tidak diperkenankan. Konsumen tidak dikenai biaya," tutur Santoso.

Skema harga MDR saat ini telah diturunkan menjadi 1 persen, dari sebelumnya 2-3 persen. Pemberian MDR khusus untuk transaksi tertentu diberlakukan pula, termasuk MDR nol persen untuk transaksi terkait pemerintah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.