Jelang Natal dan Tahun Baru, Semua Bahan Pokok Dipastikan Tersedia di Daerah

Kompas.com - 07/12/2017, 16:04 WIB
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERA Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menjamin ketersediaan semua jenis bahan pokok menjelang Hari Raya Natal 2017 dan libur Tahun Baru 2018 beberapa pekan lagi.

Ketersediaan bahan pokok di semua daerah, terutama yang diprediksi mengalami peningkatan jumlah konsumsi, sudah dijamin per 1 Desember 2017 kemarin.

"Kami cek, stok-stok bahan pokok semua sudah ada di daerah. Pengecekan secara lisan dan fisik. Saya sendiri sudah turun ke beberapa provinsi, juga dengan (pejabat) Eselon I sudah terjadwal untuk keliling," kata Enggar saat ditemui di kantornya pada Kamis (7/12/2017) sore.

Beberapa daerah yang dinilai akan mengalami peningkatan jumlah konsumsi, khususnya bahan pokok jelang hari besar keagamaan dan libur tahun baru adalah Sumatera Utara, seluruh Jawa, Kalimantan Barat, Bali, Nusa Tenggara Timur (NTT), Papua, dan Papua Barat.

Jajaran Kementerian Perdagangan terus berkoordinasi dengan Dinas Perdagangan di wilayah kota/kabupaten untuk menjamin stok bahan pokok.

Enggar belum bisa memprediksi berapa besar peningkatan jumlah konsumsi barang pada akhir tahun ini.

Namun, dia memperkirakan akan terjadi pergeseran karena hal-hal tertentu, seperti di Bali yang biasanya tingkat konsumsinya tinggi namun karena erupsi Gunung Agung jadi tidak setinggi biasanya dan tren peningkatan konsumsi menyebar ke tempat di sekitarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.