Terkait Dana Desa, Tiga Pencapaian Ini Harus Terpenuhi

Kompas.com - 07/12/2017, 16:40 WIB
Proses membuat canang di Rumah Desa, Kabupaten Tabanan, Bali, Sabtu (17/12/2016). KOMPAS.com/KAHFI DIRGA CAHYAProses membuat canang di Rumah Desa, Kabupaten Tabanan, Bali, Sabtu (17/12/2016).
|
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - Selain pencapaian pembangunan daerah, ada peningkatan pelayanan publik dan kesejahteraan masyarakat yang harus dicapai seiring dengan meningkatnya anggaran Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD). Ini merupakan pesan Menteri Keuangan Sri Mulyani pada Rabu (6/12/2017) di kompleks Kantor Kementerian Keuangan di Jakarta.

Dalam kesempatan itu, Menteri Sri Mulyani menyerahkan Penganugerahan Dana Rakca kepada Bupati Tabanan, Provinsi Bali, Ni Putu Eka Wiryastuti. "Saya sangat berterima kasih atas penganugerahan ini," katanya.

Pada laman presidenri.go.id diperoleh informasi bahwa pada tahun anggaran 2017, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabanan memanfaatkan Dana Desa untuk pembangunan infrastruktur. Pemasangan paving jalan di Desa Delod Peken dengan nilai proyek Rp 174 juta lebih, pembangunan jalan subak di Desa Bongan dengan nilai Rp 52 juta lebih, dan pembangunan jalan desa di Desa Sudimara sebesar lebih dari Rp 251 juta adalah contoh-contohnya.

Bupati Ni Putu Eka Wiryastuti mengatakan bahwa pada saat awal dirinya menemui kesulitan membangun desa kecil. "Dana yang kami miliki juga tidak besar," tutur perempuan kelahiran Tabanan pada 21 Desember 1975 itu.

Di Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti juga melakukan realisasi program pemberdayaan perempuan. "Kami ajak ibu-ibu mengolah pangan sampai kerajinan tangan," kata tokoh yang sudah memasuki dua kali masa jabatan bupati itu.

Tabanan yang berada di Barat ibu kota Provinsi Bali, Denpasar, mengunggulkan pesona alam untuk desa wisata. Desa Jatiluwih di Kecamatan Penebel, misalnya, masuk dalam warisan budaya dunia yang ditetapkan United Nations of Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) pada 2012. (Baca: Ini Warisan Bupati Tabanan untuk Generasi Penerus)

Lantaran kekayaan itulah, perempuan di Tabanan diberdayakan. Salah satu tujuannya, kata bupati yang karib dipanggil "Bu Eka" itu, mengikis angka pengangguran.

Pemkab Tabanan melalui Dana Desa juga mengembangkan pertanian. "Saya berharap semoga penghargaan ini bisa menjadi acuan dalam meningkatkan perekonomian desa dan tentunya bukan yang terakhir untuk Tabanan,” pungkas Eka dalam keterangan tertulisnya.

Pada 2018, seturut informasi yang termaktub di Kompas.com, pemerintah pusat akan menggelontorkan Dana Desa sebesar total Rp 60 triliun. Pada 2017, pos Dana Desa juga sebesar angka tersebut.

 

Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti. Tribunnews.com Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X