Kompas.com - 08/12/2017, 21:52 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat ditemui di Hotel Raffles, Jakarta Selatan, Senin (4/12/2017). KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERA Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat ditemui di Hotel Raffles, Jakarta Selatan, Senin (4/12/2017).
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah melakukan pembahasan mengenai proyek light rapid transit (LRT) Jabodebek. Dalam pembahasan tersebut, disepakati bahwa total proyek LRT adalah sebesar Rp 29,9 triliun.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menjelaskan, proyek tersebut terdiri dari sarana, prasarana, dan IDC (Interest During Construction). Sebelumnya, nilai proyek LRT yang disepakati adalah Rp 31 triliun.

Pembiayaan proyek dilakukan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) sebesar Rp 25,7 triliun. Sementara itu, PT Adhi Karya (Persero) Tbk membiayai proyek sebesar Rp 4,2 triliun.

"PT Adhi Karya telah mendapatkan PMN (Penanaman Modal Negara) sebesae Rp 1,4 triliun, PT KAI dalam hal ini mendapatkan juga PMN termasuk yang ada di dalam UU APBN 2018, total jumlahnya adalah Rp 7,6 triliun," kata Sri Mulyani pada acara konferensi pers di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jumat (8/12/2017).

Baca juga : Pemerintah Batal Bentuk Join Venture LRT Jabodebek

Kemudian, PT KAI akan memperoleh pinjaman sebesar Rp 18,1 triliun. Jangka waktu pinjamannya mencapai 17 tahun.

Penerimaan proyek ini akan berasal dari tiket penumpang. Selain itu, penerimaan juga akan diperoleh dari penyewaan Transit Oriented Development (TOD) dan subsidi dari pemerintah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada kesempatan yang sama, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M Soemarno mengungkapkan, PMN yang diberikan kepada Adhi Karya digunakan untuk pembangunan dipo dan TOD. Pemerintah pun menekankan optimalisasi dalam pembangunan TOD dan dipo tersebut. Adapun penurunan total nilai proyek disebabkan adanya efisiensi.

"Ada efisiensi dalam pembangunan TOD dan sedikit dipo," ujar Rini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.