Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbankan Bakal Salurkan Pembiayaan untuk Proyek LRT

Kompas.com - 08/12/2017, 23:13 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah bank nasional akan mengucurkan pembiayaan untuk proyek Light Rapid Transit (LRT) Jabodebek. Total nilai proyek LRT yang telah disepakati pemerintah adalah sebesar Rp 29,9 triliun.

Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Kartika Wirjoatmodjo mengungkapkan, pembiayaan akan dilakukan oleh 3 bank milik negara dan 2 bank swasta nasional. Selain itu, PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) juga akan turut memberikan pembiayaan.

Karika menjelaskan, sebelumnya nilai pembiayaan mencapai Rp 23 triliun. Namun, saat ini total pembiayaan yang bakal dikucurkan adalah sebesar Rp 18 triliun.

"Pembagiaannya lagi kita hitung," kata Kartika di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Jumat (8/12/2017) malam.

Baca juga : Saham Adhi Karya Anjlok 7,8 Persen karena KAI Tak Jadi Investor LRT?

Adapun bunga pembiayaan yang ditetapkan adalah sebesar 8,25 persen. Bank Mandiri sendiri, imbuh Kartika, akan memberikan pembiayaan antara Rp 3 triliun hingga Rp 5 triliun.

"Karena ada pembiayaan buat dipo dan TOD (Transit Oriented Development) ke Adhi Karya juga. Jadi, ada dua sindikasi ke PT KAI dan dipo dan TOD ke Adhi Karya," sebut Kartika.

Ia mengungkapkan, besaran pembiayaan sudah disepakati. Akan tetapi, hal yang belum disepakati adalah tenor dan bunga pembiayaan.

Nilai proyek pembangunan LRT Jabodebek sebelumnya mencapai Rp 31 triliun. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M Soemarno menjelaskan, penurunan nilai proyek menjadi Rp 29,9 triliun dikarenakan adanya efisiensi.

"Ada efisiensi dalam pembangunan TOD dan sedikit dipo," kata Rini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com