Kompas.com - 08/12/2017, 23:13 WIB
Direktur Utama Bank Mandiri, Kartika Wirjoatmodjo dalam sebuah Seminar di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Selasa (26/9/2017).  KOMPAS.com/ACHMAD FAUZIDirektur Utama Bank Mandiri, Kartika Wirjoatmodjo dalam sebuah Seminar di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Selasa (26/9/2017). 
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah bank nasional akan mengucurkan pembiayaan untuk proyek Light Rapid Transit (LRT) Jabodebek. Total nilai proyek LRT yang telah disepakati pemerintah adalah sebesar Rp 29,9 triliun.

Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Kartika Wirjoatmodjo mengungkapkan, pembiayaan akan dilakukan oleh 3 bank milik negara dan 2 bank swasta nasional. Selain itu, PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) juga akan turut memberikan pembiayaan.

Karika menjelaskan, sebelumnya nilai pembiayaan mencapai Rp 23 triliun. Namun, saat ini total pembiayaan yang bakal dikucurkan adalah sebesar Rp 18 triliun.

"Pembagiaannya lagi kita hitung," kata Kartika di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Jumat (8/12/2017) malam.

Baca juga : Saham Adhi Karya Anjlok 7,8 Persen karena KAI Tak Jadi Investor LRT?

Adapun bunga pembiayaan yang ditetapkan adalah sebesar 8,25 persen. Bank Mandiri sendiri, imbuh Kartika, akan memberikan pembiayaan antara Rp 3 triliun hingga Rp 5 triliun.

"Karena ada pembiayaan buat dipo dan TOD (Transit Oriented Development) ke Adhi Karya juga. Jadi, ada dua sindikasi ke PT KAI dan dipo dan TOD ke Adhi Karya," sebut Kartika.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia mengungkapkan, besaran pembiayaan sudah disepakati. Akan tetapi, hal yang belum disepakati adalah tenor dan bunga pembiayaan.

Nilai proyek pembangunan LRT Jabodebek sebelumnya mencapai Rp 31 triliun. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M Soemarno menjelaskan, penurunan nilai proyek menjadi Rp 29,9 triliun dikarenakan adanya efisiensi.

"Ada efisiensi dalam pembangunan TOD dan sedikit dipo," kata Rini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.