Menko Darmin Minta Pertumbuhan Ekonomi Batam 7 Persen

Kompas.com - 11/12/2017, 09:06 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution Indonesia Palm Oil Conference (IPOC) di Bali Nusa Dua Conference Center, Bali, Kamis (2/11/2017). KOMPAS.com/ACHMAD FAUZIMenteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution Indonesia Palm Oil Conference (IPOC) di Bali Nusa Dua Conference Center, Bali, Kamis (2/11/2017).
|
EditorErlangga Djumena

BATAM, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Darmin Nasution memberikan target kepada para pemimpin Badan Pengelola (BP) Batam yang baru agar dapat mencapai pertumbuhan ekonomi sebesar 7 persen dalam dua tahun mendatang.

"Itu target yang harus dicapai pemimpin BP Batam dalam waktu dekat ini," kata Darmin disela peninjauan Mall Pelayanan Publik di Batam Centre, Minggu (10/12/2017).

Menurut Darmin, melihat letak Batam yang strategis berada di jalur lalu lintas perdagangan dunia, angka itu tidak ada apa-apanya. Selama mereka serius dan mau bekerja sama dengan sejumlah instansi terkait yang ada di Kota Batam ini.

"Banyak cara yang bisa dilakukan Kepala BP Batam beserta jajarannya, selain industri dan pariwisata, Batam juga bisa dijadikan pusat logistik," kata Darmin.

Baca juga : Darmin: Kenapa Gerbang Pembayaran Nasional Baru Terwujud Sekarang?

"BP Batam bisa melakukannya dengan membagi industri ke dalam beberapa zona, begitu juga membangun gudang logistik dan konsep pariwisata untuk Batam ke depan," tambah dia.

Dibandingkan dengan pariwisata lanjut Darmin, perencanaan Batam menjadi pusat logistik tanah air dan kota industri memang memang membutuhkan waktu yang lama. Namun jika ketiga program ini jalan, maka perekonomian Batam yang ditargetkan harus naik 7 persen, tidak menutup kemungkinan bisa lebih.

"Rasio logistik kita terhadap ekonomi masih tinggi, mencapai 24 persen. Sedangkan rasio logistik di negara lain sekitar 13 persen, tentunya peluang lebih besar dan masih memadai. Begitu juga industri, dengan keuntungan kawasan perdagangan bebas dan pelabuhan bebas Batam, hal ini akan mempermudah peningkatan industri di Batam," katanya.

Sementara untuk sektor pariwisata sebut dia, BP Batam bisa memulai dari sejumlah kawasan resort yang ada dan gencar melakukan event-event nasional dan internasional. "Seperti Barelang Bridge Marathon 2017 ini," ucap Darmin.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X