Kompas.com - 11/12/2017, 16:33 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepanjang tahun ini, nilai mata uang virtual bitcoin menguat secara fantastis. Bahkan, hingga pekan lalu, nilai mata uang virtual tersebut telah menyentuh angka 16.000 dollar AS atau setara sekitar Rp 216 juta.

Nilai bitcoin juga sempat berada pada level 19.000 dollar AS atau setara sekitar Rp 256,5 juta, jelang akhir pekan lalu. Nilai mata uang bitcoin yang terus menguat membuat banyak investor terpikat dan menjadikannya instrumen investasi, layaknya emas maupun komoditas lainnya.

Namun, banyak pihak yang melemparkan kritik terhadap bitcoin. Karena volatilitasnya tinggi, maka risiko bitcoin pun tinggi pula.

Dengan nilai yang cepat menguat dan melemah hanya dalam hitungan jam, sejumlah pihak menyatakan risiko bubble bitcoin bisa terjadi.

Bubble adalah kondisi di mana harga bergerak menuju level yang sangat tinggi, kemudian jatuh.

CEO Bitcoin Indonesia Oscar Darmawan menuturkan, kenaikan harga bitcoin yang sangat tinggi belakangan ini bakal diikuti pula oleh koreksi harga. Hal tersebut dipandangnya wajar.

"Semua perdagangan komoditas yang berdasarkan demand dan supply seperti itu," ujar Oscar kepada Kompas.com akhir pekan lalu.

Oscar menyatakan, kenaikan harga bitcoin secara sangat signifikan pada pekan lalu terjadi menjelang diluncurkannya bursa berjangka resmi terbesar di AS.

Bitcoin Futures Exchange diluncurkan pada Minggu (10/12/2017) waktu AS atau Senin (11/12/2017) waktu Indonesia.

Lalu, dengan nilai bitcoin yang bergerak sangat cepat dan ada risiko terjadinya bubble, apakah bitcoin masih menarik? Oscar menyatakan, hal ini tergantung pada selera investor sendiri.

Ia tidak merekomendasikan beli atau jual bitcoin ketika harga melonjak sangat tinggi. Keputusan untuk memperoleh laba tinggi sejalan dengan momentum penguatan nilai bitcoin, tergantung pada investor sendiri.

"Tergantung selera risiko trader bitcoin masing-masing mau melakukan taking profit (ambil untung) di harga berapa," terang Oscar.

Pada Senin siang, nilai bitcoin pada laman Bitcoin.co.id berada pada level Rp 250,2 juta. Sementara itu, nilai bitcoin pada laman Coindesk mencapai 16.698 dollar AS atau setara sekitar Rp 225,4 juta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.