XL Ikut Investasi Proyek Kabel Laut Australia-Indonesia-Singapura

Kompas.com - 11/12/2017, 16:54 WIB
CEO XL Axiata Dian Siswarini Yoga Hastyadi WidiartantoCEO XL Axiata Dian Siswarini
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - XL Axiata (XL) turut serta dalam investasi proyek penggelaran kabel laut Australia-Indonesia-Singapura yang dilakukan oleh perusahaan telekomunikasi Australia, Vocus Group dan perusahaan kabel laut Alcatel Submarine Networks (ASN).

Chairman Vocus Group Voughan Bowen mengatakan bahwa keseluruhan proyek tersebut menghabiskan dana sebesar 170 juta dollar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp 2,3 triliun.

Dari keseluruhan proyek, investasi XL adalah pembangunan landing station yang berguna untuk menjadi gerbang akses internet melalui kabel tersebut.

"Total investasi keseluruhan sistem komunikasi kabel laut (SKKL) ini 170 juta dollar AS. Saya tidak bisa bilang XL berapa, tapi mereka berkontribusi menyiapkan hal-hal teknis seperti landing station di Indonesia," ujarnya dalam peresmian Pembangunan Proyek Jaringan Komunikasi Kabel Laut Australia-Indonesia-Singapura, Senin (11/12/2017).

SKKL tersebut bakal membentang dari Australia, melewati Indonesia dan berujung di Singapura dengan panjang kabel 4.600 kilometer. Proses pembangunan SKKL itu sudah berjalan dan targetnya bakal mulai beroperasi pada kuartal ketiga 2018.

CEO XL Dian Siswarini mengatakan dengan adanya SKKL ini maka perusahaan akan memiliki tambahan bandwidth untuk akses internet luar negeri. Kapasitas koneksi dari Indonesia ke Singapura bakal bertambah 30 TB sedangkan Indonesia ke Australia bertambah 20 TB.

"SKKL ini mampu menyediakan kapasitas hingga 6 kali lipat dari total kapasitas jaringan internasional Indonesia sekarang. Ini akan jadi jalur alternatif koneksi internasional," jelasnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Landing station untuk gerbang akses internasional tersebut rencananya akan diletakkan di kawasan Anyer, Banten. Akses melalui landing station tersebut bisa dipakai untuk XL sendiri atau ISP lain yang bekerja sama dengan XL.

Adapun, keunggulan SKKL ini spesifikasinya yang memiliki 4 Fibre Pairs untuk fleksibilitas koneksi, monitoring 24 jam, 7 hari seminggu (24/7) dan transmisi DC yang menghubungkan antara Australia dan Singapura.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.