LPS: Pertumbuhan Kredit Masih Lambat - Kompas.com

LPS: Pertumbuhan Kredit Masih Lambat

Kompas.com - 12/12/2017, 17:31 WIB
IlustrasiKOMPAS.com/Kristianto Purnomo Ilustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga Penjamin Simpanan ( LPS) melaporkan, pertumbuhan kredit hingga kuartal III 2017 masih menunjukkan perlambatan. Tren ini diperkirakan masih akan terus berlanjut hingga akhir tahun ini.

Direktur Grup Surveilans & Stabilitas Sistem Keuangan LPS Doddy Ariefianto menyebutkan, perlambatan pertumbuhan kredit bahkan diperkirakan masih akan terjadi hingga awal tahun 2018.

" Pertumbuhan kredit yang kembali melambat diperkirakan masih akan terjadi sampai dengan awal tahun," kata Doddy dalam laporan Indikator Likuiditas, Selasa (12/12/2017).

Masih akan lambatnya pertumbuhan kredit, sebut Doddy, merupakan dampak dari langkah pelaku bisnis yang memilih menahan ekspansi dan mengakumulasi dana mereka. Dari sisi bank, strategi bank pun cenderung lebih selektif dalam menyalurkan kredit baru.

Baca juga: Kredit Bermasalah Perbankan Naik, Ini Sebabnya

Sementara itu, Dana pihak ketiga (DPK) perbankan hinga akhir kuartal 2017 tumbuh 11,6 persen secara tahunan (yoy). Ini lebih tinggi dari capaian bulan sebelumnya yang hanya sebesar 9,6 persen (yoy). Secara bulanan DPK juga meningkat sebesar 1,79 persen. Ini lebih tinggi dari periode yang sama tahun 2016.

Pertumbuhan kredit pada kuartal III 2017 menunjukkan perlambatan secara terbatas, yaitu dari 8,2 persen (yoy) menjadi 7,8 persen (yoy).

"Dengan perkembangan ini, rasio kredit terhadap simpanan (LDR) pada September lalu mencapai 88,7 persen," kata Doddy.

Ia mengatakan, nasabah masih terus mengakumulasi dana di tengah kecenderungan bunga dana yang rendah. Akan tetapi, kinerja DPK tersebut diperkirakan akan tetap berada di bawah capaian rata-rata dalam lima tahun terakhir.


EditorErlangga Djumena
Komentar
Close Ads X