2019, Indonesia Punya Satelit untuk "Sebar" Internet di Pedalaman

Kompas.com - 13/12/2017, 10:45 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah tengah mempersiapkan pengoperasian satelit untuk memenuhi kebutuhan internet di kawasan yang belum terjangkau oleh infrastruktur komunikasi.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menuturkan satelit ini direncanakan mulai beroperasi dan mendukung layanan internet di tempat yang sulit dijangkau tahun 2019 mendatang.

"Bukan satelit komunikasi biasa yang dimiliki televisi atau telepon, tapi namanya satelit internet berkecepatan tinggi," kata Rudiantara saat ditemui di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Rabu (13/12/2017).

Rudiantara menjelaskan, proses yang sedang dijalani saat ini adalah menetapkan siapa yang akan merancang, membangun, meluncurkan satelit, serta mengoperasikannya.

Satelit itu dipastikan sebagai satelit milik negara yang diperuntukkan mendukung program Palapa Ring yang kini sedang berlangsung.

"Palapa Ring itu backbone, kabel laut semuanya. Reach ke ibu kota/kabupaten. Sampai sana, baru dikembangkan aksesnya. Tapi kalau di gunung, di mana, narik kabel kan enggak mudah, pakai satelit paling cepat," tutur Rudiantara.

Dia menyebut proyek satelit internet ini merupakan proyek berskala besar. Pihaknya belum bisa mengungkapkan berapa nilai proyeknya, yang pasti pembahasan terkait satelit tersebut juga mengenai kebutuhan jumlahnya, apakah akan menggunakan dua atau tiga satelit, atau menambah satelit yang sama tiap tahun, dan alternatif pilihan lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.