Kompas.com - 13/12/2017, 18:13 WIB
Peluncuran pembelian BBM melalui T-Cash di SPBU Jenderal Sudirman, Semarang, Rabu (13/12/2017) Kompascom/Nazar NurdinPeluncuran pembelian BBM melalui T-Cash di SPBU Jenderal Sudirman, Semarang, Rabu (13/12/2017)
|
EditorErlangga Djumena

SEMARANG, KOMPAS.com - Pertamina meluncurkan inovasi dalam pembelian bahan bakar minyak (BBM). Bekerjasama dengan Telkomsel, kini masyarakat yang hendak membeli BBM dapat melalui fitur T-Cash.

Peluncuran SPBU Non tunai dengan sistem T-Cash dikenalkan di SPBU 44.501.40 di Jalan Jenderal Sudirman, Kota Semarang.

General Manager Pertamina MOT IV Yanuar Budi Hartanto, mengatakan, pembelian melalui T-Cash adalah yang pertama di Indonesia. Butuh waktu cukup lama untuk menyediakan layanan non tunai itu.

"Jadi SPBU ini 1 dari 5500 SPBu yang beruntung mendapat program transaksi T-Cash. Kami tentu akan evaluasi penggunaan T-Cash khusus untuk transaksi BBM yang tidak disubsidi ini," ujar Yanuar, seusai peresmian.

Baca juga: Ungkapan Syukur Nelayan Pulau Terluar atas BBM Satu Harga

Fasilitasi menggunakan T-Cash, sambung dia, menambah opsi bagi masyarakat membeli. Sebelumnya layanan non tunai sudah diberlakukan dan telah mencapai 23 persen di 2 SPBU di Semarang.

"BBM dalam T-Cash ini yang pertama di Indonesia. Ini kalau berhasil diimplementasikan ke seluruh jaringan Pertamina," paparnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dia pun berharap nantinya ada jaringan baru Pertamina yang dapat mengadopsi sistem itu. Tentunya, pihaknya meminta Telkomsel dapat menjangkau layanan itu di 800 unit bisnisnya di Jateng-DIY.

"Ini dua detik langsung connect, kemudian langsung print. Transaksi tidak perlu lama. Jadi ini pilihan bagi konsumen," paparnya.

Sementara itu General Manager Sales PT Telkomsel Regional Jateng-DIY Jhony Heru Suprijatno mengatakan, T-Cash sudah mulai digunakan di banyak tempat. Di Kota Semarang, T-Cash telah digunakan untuk pembayaran tiket Bus Rapit Transit (BRT) Trans Semarang.

Sementara di Surakarta, T-Cash juga dapat digunakan untuk pembayaran retribusi uang sampah.  "Ini kerja sama dengan Pertamina untuk pembelian BBM non subsidi. Nanti akan berkembang sesuai penambahan pengguna T-Cash," sebutnya.

Untuk dapat mengakses layanan ini, pengguna dapat mengunduh T-cash lalu di Playstore atau APPs Store dengan aplikasi T-Wallet. Setelah diunduh kemudian melakukan pemindaian di menu layanan T-Wallet dengan barqode yang terpasang di akses masuk antrian SPBU.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.