Bantu Pekerja, Pemerintah Siapkan Skill Monitoring System - Kompas.com

Bantu Pekerja, Pemerintah Siapkan Skill Monitoring System

Kompas.com - 14/12/2017, 16:54 WIB
Ilustrasi pekerjaanDok. Jobplanet Indonesia Ilustrasi pekerjaan

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian selama dua bulan terakhir sedang mengerjakan proyek yang dinamakan sebagai Skill Monitoring System (SMS). Melalui SMS, nantinya calon pekerja bisa mencari tahu bidang kerja apa yang lagi banyak dicari di dunia usaha sehingga mereka bisa mempersiapkan diri untuk menyesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

"Sudah mulai, bersama dengan World Bank dan ahlinya, kami sudah mulai datang ke kementerian-kementerian yang terkait dan perwakilan pihak swasta untuk membicarakan hal tersebut," kata Asisten Deputi Ketenagakerjaan Kemenko Perekonomian, Yulius, saat ditemui Kompas.com di Hotel Pullman, Jakarta Pusat, Kamis (14/12/2017).

Yulius menyebutkan, kendala para pencari kerja adalah mengetahui keterampilan apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh perusahaan saat ini. Perkembangan teknologi yang begitu pesat berpengaruh pada perubahan pola kerja dan munculnya banyak bidang-bidang kerja baru yang belum pernah ada sebelumnya.

Nantinya, publik bisa melihat SMS ini melalui situs yang didesain khusus untuk memberikan informasi seputar itu. Web yang dimaksud kini belum ada, karena masih dalam tahap persiapan dengan target pengerjaan sekitar satu tahun.

Baca juga : Ini Karakter Pekerjaan yang Terancam Hilang akibat Tergerus Teknologi

"Mungkin tahun depan, prosesnya setahun. Enggak mudah juga," tutur Yulius.

Nantinya, web untuk SMS ini akan diperbarui dalam kurun waktu tertentu, misalkan tiap tiga atau enam bulan sekali.

Hal itu dilakukan supaya informasi dari sana bisa terus disesuaikan dengan perkembangan yang sedang terjadi di dunia usaha, sehingga jika ada pekerjaan atau skill yang sudah tidak relevan atau diperlukan keahlian tertentu, bisa cepat ditangkap oleh masyarakat.


EditorErlangga Djumena
Close Ads X