Bogor-Sukabumi 6 Jam, Jokowi Minta Tol Bocimi Dikerjakan Siang Malam

Kompas.com - 15/12/2017, 12:15 WIB
Presiden Joko Widodo saat acara Groundbreaking proyek Pembangunan Jalur Ganda Kereta Api Bogor-Sukabumi di Cicurug, Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (15/12/2017). KOMPAS.com/ PRAMDIA ARHANDO JULIANTOPresiden Joko Widodo saat acara Groundbreaking proyek Pembangunan Jalur Ganda Kereta Api Bogor-Sukabumi di Cicurug, Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (15/12/2017).
|
EditorAprillia Ika

SUKABUMI, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo ( Jokowi) meminta pengerjaan proyek ruas tol Bogor, Ciawi, Sukabumi (Bocimi) agar dikerjakan siang dan malam.

Menurut Presiden, kepadatan arus lalu lintas jalur Bogor menuju Sukabumi dan sebaliknya sudah sangat padat ditambah dengan angkutan barang yang hilir mudik setiap harinya yang menyebabkan waktu tempuh Bogor-Sukabumi bisa mencapai enam jam.

"Saya cek, saya lihat yang namanya tol Bocimi, sejak tahun 1997, sampai 2015, maju satu meter aja ndak, saya lihat kenapa ini tol Bocimi ini terhenti, ternyata gonta ganti investor, empat kali ganti investor," ujar Jokowi saat peresmian Groundbreaking proyek Pembangunan Jalur Ganda Kereta Api Bogor-Sukabumi di Cicurug, Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (15/12/2017).

Baca juga : Sempat Mangkrak dan Berganti Investor, Bagaimana Kabar Tol Bocimi?

Menurut Presiden, sejak saat itu dirinya meminta agar pembangunan tol Bocimi bisa diambil alih oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

"Saat itu juga saya perintahkan kepada Menteri untuk diambil alih, kerjain saja oleh BUMN, sudah 2015 diganti dan dimulai oleh BUMN, Alhamdulillah sekarang berjalan dengan baik," papar Presiden.

Setelah dikerjakan oleh BUMN, Presiden meminta agar pembangunan tol tersebut bisa dikerjakan sesuai target.

"Sudah saya perintahkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, kerjakan siang malam, karena kita sudah enggak kuat enam jam, bagi masyarakat tiap hari macet, macet, macet," kata Presiden.

Ditargetkan pembangunan tol Bocimi akan rampung pada Oktober 2018 mendatang, dan bisa digunakan oleh masyarakat sebagai pilihan jalur selain moda transportasi kereta api.

"Jadi tolnya Bogor-Sukabumi nanti Oktober 2019 rampung," tegasnya.

Seperti diketahui, jalan tol Bocimi atau jalan tol Bogor–Ciawi–Sukabumi memiliki ruas jalan tol sepanjang 53,6 kilometer yang akan menghubungkan Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kabupaten Sukabumi dan Kota Sukabumi.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X