Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

XL Axiata Pasang 4G di di Sulawesi Tengah dan Gorontalo

Kompas.com - 15/12/2017, 12:55 WIB
|
EditorAprillia Ika

KOMPAS.com - PT XL Axiata (XL) memperluas jangkauan sinyal internet 4G hingga ke 45 kabupaten di Sulawesi Tengah dan Gorontalo.

Pemasangan 4G tersebut merupakan respon dari naiknya lalu lintas penggunaan internet di kawasan Sulawesi. Berdasarkan catatan XL, setidaknya selama setahun belakangan terlihat kenaikan lalu lintas internet hingga lebih dari 170 persen di Sulawesi Tengah dan 100 persen di Gorontalo.

"Penyediaan jaringan layanan 4G LTE ini sekaligus juga merupakan jawaban atas harapan pelanggan dan masyarakat di Sulawesi Tengah dan Gorontalo. Apalagi keduanya memiliki potensi ekonomi yang besar," terang Head of North Region XL Axiata, Desy Sari Dewi melalui keterangan resminya, Jumat (15/12/2017).

Baca juga : XL Axiata Kantongi Sertifikasi ISO 27001

Adapun rinciannya, dlayanan 4G XL di Sulawesi Tengah, sudah masuk di area Kota Palu, Kabupaten Parigi Moutong, Kabupaten Donggala, Kabupaten Poso, dan Kabupaten Sigi; dengan penyokong lebih dari 50 BTS 4G. Sedangkan di Gorontalo sudah mencakup Kota Gorontalo dan Kabupaten Gorontalo dengan total 40 BTS 4G.

Saat ini total BTS 4G yang menopang layanan internet cepat di 45 kota atau kabupaten di Sulawesi adalah sekitar 600 unit. Rencananya XL akan kembali melakukan perluasan jangkauan agar bisa menjangkau Kabupaten Gorontalo Utara dan Kabupaten Pahuwato.

Untuk diketahui, berdasarkan catatan XL, penggunaan smartphone 4G oleh pelanggan di Sulawesi Tengah dan Gorontalo terus naik dan telah mencapai masing-masing 50 persen dari total pelanggan di Sulawesi Tengah dan 48 persen di Gorontalo.

Sementara itu di seluruh Sulawesi, jumlah pelanggan dengan smartphone 4G telah mencapai 60 persen. Jumlah ini diyakini akan terus tumbuh di masa mendatang mengingat masyarakat setempat yang cukup adaptif dengan perkembangan teknologi digital.

Secara nasional koneksi internet 4G dari XL telah menjangkau 347 kabupaten dan kota di seluruh Indonesia, termasuk di antaranya ratusan kota atau kabupaten di Jawa, Bali, Lombok, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.

Pelanggan layanan 4G milik XL juga terus tumbuh dan telah mencapai lebih dari 20 juta orang. Layanan XL Axiata saat ini didukung oleh total hampir mencapai 100 ribu BTS, termasuk lebih dari 44 ribu BTS 3G dan lebih dari 16 ribu BTS 4G.

Kompas TV Wajib, Registrasi Ulang Kartu Prabayar

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+