Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Optimalkan Layanan Agen46, BNI Gandeng Marketplace Mentimun

Kompas.com - 16/12/2017, 11:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk menjalin kerja sama dengan marketplace PT Dinamika Mitra Sukses Makmur (DMSM). Kerja sama ini untuk mengoptimalkan transaksi Agen46.

"Kerja sama ini merupakan bentuk nyata dukungan BNI bersama DMSM untuk menjadikan Agen46 sebagai One Stop Solution transaksi untuk masyarakat di pedesaan dalam rangka peningkatan literasi dan inklusi keuangan," kata Direktur Bisnis Kecil dan Jaringan BNI Catur Budi Harjo dalam pernyataan resmi, Sabtu (16/12/2017).

Melalui kerja sama ini, masyarakat pedesaan dapat melakukan transaksi e-commerce melalui Agen46 BNI.

Agen46 merupakan kepanjangan tangan BNI dalam memberikan layanan perbankan kepada masyarakat yang belum memiliki akses terhadap layanan perbankan.

Baca juga : Mengakses Indonesian Masters 2017 Melalui Akun Official BNI

Melalui Agen46, masyarakat dapat melakukan pembukaan rekening, setoran dan tarik tunai, pembelian pulsa dan token listrik, serta pembayaran tagihan bulanan seperti tagihan listrik, PDAM, serta transaksi e-commerce.

DMSM merupakan perusahaan E-Commerce dibawah konsorsium PT Indivara Sejahtera Sukses Makmur (Indivara Group) yang bergerak dalam bidang penjualan elektronik, furniture, dan consumer goods secara online. DMSM memiliki program Mentimun yang mengelola aplikasi dan memiliki sekitar 3.000 warung fisik yang berbentuk toko kelontong dan pembelian barangnya menggunakan aplikasi Mentimun.

Melalui kerja sama dengan DMSM, imbuh Catur, di samping semakin memperkuat positioning Agen46 BNI di masyarakat khususnya masyarakat pedesaan, juga merupakan bentuk nyata dari kolaborasi Perbankan dengan perusahaan layanan keuangan berbasis teknologi (fintech). Kerja sama ini juga akan semakin memperkuat BNI sebagai digital banking.

”Kami ingin menjadikan Agen46 sebagai seorang enterpreneur, tanpa bingung mencari barang dan tempat untuk berjualan dan mereka memiliki motivasi jualan. Lewat Mobile Aplikasi Agen46 yang terkoneksi dengan Aplikasi MENTIMUN semua ada dan apapun bisa di jual,” jelas Catur.

Sementara bagi DMSM, kemitraan ini mengokohkan posisinya sebagai perusahaan penyedia aplikasi yang handal dan terpercaya bagi pemilik usaha mikro-kecil.

“Kepercayaan BNI meminang kami sebagai mitra bisnis semakin memperluas jaringan cakupan layanan e-commerce MENTIMUN keseluruh lapisan masyarakat, khususnya ke masyarakat rural,” kata CEO Indivara Group Jusuf Sjariffudin.

Agen46 BNI dapat menjual sekitar 64.000 barang melalui aplikasi Mentimun dengan risiko sangat kecil. Barang yang dijual mulai dari elektronik, consumer goods, gadget, fashion, hingga accesoris game.

Pembeli dapat mencari barang yang dibutuhkan pada situs Mentimun, kemudian memesan dan membayar kepada Agen46. Barang akan dikirim dan dipastikan aman karena pembeli sudah mengenal Agen46 BNI.

Kompas TV Untuk itu, pembentukan gerbang pebayaran nasional atau GPN sangat penting untuk menekan biaya transaksi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com