Libur Natal dan Tahun Baru, Citilink Tambah 280 Penerbangan

Kompas.com - 16/12/2017, 12:30 WIB
Penerbangan Perdana Citilink Rute Baru Halim-Silangit, di Bandara Internasional Silangit, Sumatera Utara, Sabtu (28/10/2017). KOMPAS.COM/Anggita MuslimahPenerbangan Perdana Citilink Rute Baru Halim-Silangit, di Bandara Internasional Silangit, Sumatera Utara, Sabtu (28/10/2017).
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan berbiaya rendah Citilink Indonesia menyiapkan 50.400 kursi tambahan (extra seat) atau 280 penerbangan tambahan (extra flight) ke tujuh rute terpadat selama liburan Natal dan Tahun Baru.

Layanan tambahan ini naik 20 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

“Peningkatan jumlah tersebut merupakan antisipasi manajemen Citilink Indonesia untuk menghadapi lonjakan penumpang di peak season ini yang akan berlangsung 21 Desember 2017 hingga 3 Januari 2018,” kata Direktur Utama Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo dalam pernyataan resmi, Sabtu (16/12/2017).

Bebeberapa rute padat yang akan mengalami peningkatan frekuensi penerbangan adalah Malang, Denpasar, Yogyakarta, Solo, Semarang, Surabaya, dan Silangit, Sumatera Utara.

Baca juga : Libur Natal dan Tahun Baru, Citilink Sediakan 50.400 Kursi Tambahan

 

Dengan demikian, selama periode libur Natal dan Tahun Baru Citilink Indonesia akan terbang 264 kali setiap harinya atau naik 8,2 persen dibanding hari biasa sebanyak 244 penerbangan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Rute Jakarta-Malang (pp) yang biasanya terbang 4 kali sehari, akan bertambah dua kali penerbangan menjadi 6 penerbangan sehari. Untuk rute Jakarta–Solo (pp) dari 5 penerbangan akan menjadi 8 penerbangan sehari atau bertambah 3 penerbangan.

Adapun untuk rute Jakarta-Denpasar (pp) yang biasanya terbang 12 kali sehari, akan bertambah 2 kali penerbangan menjadi 14 penerbangan sehari. Terakhir, untuk rute Surabaya -Denpasar (pp) yang biasanya terbang 3 kali sehari, akan bertambah satu kali penerbangan menjadi 4 penerbangan sehari.

Penerbangan ke Bandara Silangit (Danau Toba) akan ditambah satu penerbangan dari sebelumnya satu penerbangan sehari menjadi 2 kali penerbangan sehari.

"Selain mempersiapkan armada pesawat, kami juga fokus menyiapkan unit pelayanan publik dan penumpang secara maksimal. Satu unit pesawat cadangan juga kami siapkan, bahkan di unit pelayanan kami lakukan cek kondisi dan menyiapkan tenaga bantuan layanan bagi penumpang," jelas Juliandra.

Perbaikan dan pemeliharaan telah dilakukan kepada seluruh armada Citilink. Sehingga, dapat dipastikan pesawat berada dalam kondisi prima dalam menyambut padatnya jadwal penerbangan pada libur Natal dan Tahun Baru 2018 mendatang.

Manajemen Citilink juga menekankan pentingnya On Time Perfomance (OTP/ketepatan waktu penerbangan) dalam setiap penerbangan, berbagai kemudahan dalam melakukan pemesanan dan pembelian tiket pesawat, proses check-in yang cepat dengan memanfaatkan teknologi internet, selain kepastian dalam memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan penerbangan.

Kemudian, untuk menghindari antrian panjang saat check in maka seluruh penumpang diimbau untuk datang dua jam lebih awal ke bandara serta mempersiapkan segala dokumen yang diperlukan dalam perjalanan udara.

Citilink Indonesia juga akan mengerahkan seluruh armadanya  yang terdiri dari 50 pesawat Airbus A320, yang di dalamnya termasuk pesawat berlorong tunggal seri terbaru Airbus A320NEO.

Kompas TV Polda Metro Jaya menyiagakan sepuluh ribu personel untuk pengamanan perayaan natal dan tahun baru di Jakarta.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.