Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Minta Petani, Nelayan, dan Peternak Diorganisir

Kompas.com - 16/12/2017, 20:17 WIB
Rakhmat Nur Hakim

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Jokowi meminta kepada kader PDI-P agar mengorganisir petani, peternak, pelaku usaha kecil, dan nelayan diorganisir agar lebih sejahtera.

Ia menilai selama ini ketiganya belum sejahtera karena bekerja sendiri tanpa suatu organisasi yang menjamin kesejahteraannya. Ia pun meminta semuanya diorganisir dalam sebuah kelompok usaha gotong royong.

"Petani harus diorganisir. Nelayan, UKM diorganisir dalam kelompok usaha gotong royong. Tak mungkin sejahtera kalau kerja sendiri," kata Jokowi di Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) PDI-P di Indonesia Convention Exhibition, Tangerang, Banten, Sabtu (16/12/2017).

Ia pun memberi contoh petani di Sukabumi yang diorganisir dalam kelompol besar. Sehingga petani di sana mampu menanam, menggiling, hingga menjual berasnya sendiri dengan kemasan bagus dan menarik minat pembeli.

Dengan demikian, petani di Sukabumi, kata Jokowi, bisa sejahtera sebab bisa memberi nilai tambah dari padi yang dihasilkannya menjadi produk beras bermutu tinggi.

Menurut Jokowi saat ini masih banyak petani yang hanya memikirkan proses tanam hingga menjadi gabah saja. Selebihnya dari beras hingga kemasannya tidak dipikirkan dan diserahkan ke tengkulak.

"Kita kerjakan mulai padi ditanam. Dipanen hasilkan gabah. Dieringkan, digiling, di-packaging dengan baik kemudian dipasarkan. Inilah sebenarnya keuntungan besar dari petani. Bukan dari budidaya tanamanya," lanjut dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com