Permudah Transaksi, OLX Siapkan Digital Payment

Kompas.com - 18/12/2017, 10:11 WIB
Logo OLX, perusahaan yang bergerak di bisnis iklan baris digital. KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERA Logo OLX, perusahaan yang bergerak di bisnis iklan baris digital.
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelaku bisnis usaha digital asal Indonesia, OLX, memastikan untuk mengembangkan layanannya dengan menambah fitur digital payment. OLX melihat ada kebutuhan dari users yang bisa ditingkatkan jika mereka mengeluarkan layanan tersebut.

"Untuk digital payment, kami sedang mengembangkannya di divisi product development di OLX secara global," kata Public Relation OLX Amelia Virginia saat dihubungi Kompas.com pada Senin (18/12/2017).

Ketika ditanya lebih lanjut mengenai detail digital payment, Amelia mengaku belum bisa mengungkapnya ke publik. Hal itu dikarenakan layanan tersebut masih digodok dan belum rampung sepenuhnya.

Chief of Operation and Data Science Officer OLX, Doan Siscus Lingga, dalam wawancara dengan Kompas.com pada Rabu (6/12//2017) menuturkan, layanan digital payment akan diluncurkan OLX tahun depan. Selain digital payment, pihaknya juga akan memberi fitur tambahan berupa layanan pengiriman barang untuk transaksi dengan ukuran jarak tertentu.

Baca juga: Nilai Transaksi Barang Bekas di OLX Tembus Rp 25 Triliun Sebulan

"Satu sampai dua tahun ke depan akan banyak di convenience, itu akan jadi titik fokus kami, termasuk delivery atau payment. Itu suatu tren yang kami lihat satu sampai dua tahun ke depan," tutur Doan.

Sejumlah startup belakangan cukup gencar menerapkan digital payments pada layanan mereka. Startup yang dimaksud salah satunya Go-Jek yang mengakuisisi tiga perusahaan financial technology (fintech), baru-baru ini.

Adapun OLX selama ini hanya sebagai wadah informasi yang mempertemukan penjual atau pengiklan dengan calon pembeli. Terlepas dari itu, baik untuk tata cara pembayaran maupun pengiriman barang, dilakukan berdasarkan kesepakatan antara penjual dan calon pembeli tersebut.

Biasanya, metode yang paling sering dipakai adalah cash on delivery (COD), yaitu penjual dan pembeli bertemu, kemudian terjadi transaksi saat itu juga.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X